Kompas.com - 13/12/2016, 16:14 WIB
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui awak media usai memantau pengerukan sungai di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Bandung, Rabu (9/11/2016). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Kontributor Bandung, Dendi RamdhaniWali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui awak media usai memantau pengerukan sungai di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Bandung, Rabu (9/11/2016). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI
|
EditorAloysius Gonsaga AE

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil turut memantau sepak terjang timnas Indonesia selama gelaran Piala AFF 2016. Bahkan, orang nomor satu di Bandung itu pun ingin datang ke Stadion Pakansari sebagai tempat dihelatnya laga final pertama Piala AFF 2016.

Namun, niat Ridwan untuk memberi dukungan langsung terkendala sulitnya mendapat tiket final.

"Mudah-mudahan saya bisa nonton. Susah nyari tiketnya euy. Sampai hari ini saya belum dapat tiket, lagi nyari. Saya ingin nonton," ucap Ridwan di Hotel Kedaton, Jalan Suniaraja, Selasa (13/12/2016).

Pria yang karib disapa Emil itu berharap timnas Indonesia mampu mencatat sejarah manis. Sebab, di luar urusan prestasi, keberadaan timnas merupakan salah satu instrumen perekat bangsa di tengah banyaknya insiden yang menyinggung soal keberagaman.

"Sepak bola hanya satu-satunya olahraga yang merasuk ke emosi jiwa sebagian besar umat di Indonesia termasuk di dunia. Seluruh dunia di belahan manapun menggunakan sepak bola sebagai identitas kebanggaannya," tuturnya.

Penyuka klub Liverpool itu memandang, sepak bola pun bisa menyadi filosofi dalam kehidupan.

"Sepak bola itu simbol, lihat filosofinya, melibatkan banyak orang artinya kalau mau menang harus kompak. Harus fair play jangan menang dengan main kotor, dalam hidup jangan nendang mukul orang demi jabatan. Kalau mau menang harus berkeringat, kalau mau hidup sukses harus bekerja keras," paparnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ditanya soal prediksi, Emil menegaskan Indonesia bakal menang tipis. Kapten timnas Boas Solossa bakal menjadi penentu kemenangan.

"Prediksi 2-1, Boas yang nyetak gol. Tapi mudah-mudahan Zulham bisa berkibar juga," ujarnya.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.