Betapa Efektifnya Diego Costa

Kompas.com - 12/12/2016, 07:43 WIB
Diego Costa mencetak gol Chelsea ke gawang West Bromwich Albion pada partai lanjutan Premier League di Stadion Stamford Bridge, Minggu (12/11/2016). JUSTIN TALLIS/AFPDiego Costa mencetak gol Chelsea ke gawang West Bromwich Albion pada partai lanjutan Premier League di Stadion Stamford Bridge, Minggu (12/11/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

LONDON, KOMPAS.com - Tanpa membutuhkan banyak peluang, Diego Costa mampu menciptakan gol. Begitulah performa sang pemain bersama Chelsea Premier League 2016-2017.

Efektivitas tersebut kembali dipamerkan Costa saat Chelsea menang 1-0 atas West Bromwich Albion (WBA) di Stadion Stamford Bridge, Minggu (11/12/2016).

Costa cuma melakukan satu tembakan ke arah gawang, yakni pada menit ke-76. Kans tersebut didapatkan Costa bukan melalui open play yang diciptakan lini tengah The Blues, julukan Chelsea.

Dia merebut bola di sisi kiri pertahanan WBA, menusuk ke kotak penalti, dan melepaskan tembakan ke sudut sempit.

Agresivitas Costa turut menuai pujian dari rekan setimnya, Cesc Fabregas.

"Gol mungkin disebabkan oleh operan keberuntungan, tetapi semuanya tentang Costa. Dia bertarung untuk mendapatkan bola," tutur Fabregas kepada BBC.

Satu gol ini sekaligus mempertajam rapor efektivitas Costa. Dicatat Opta, dia mampu mencetak enam gol hanya dari enam tembakan tepat sasaran di liga.

Dengan kata lain, 66,6 persen tendangan akurat sang pemain mampu menggetarkan jala lawan.

Apabila diakumulasi dalam 15 laga, Costa juga menunjukkan presisi. Squawka mecatat, dia melepaskan akurasi 67 persen dari 46 tembakan di liga.

Bandingkan saja dengan pemain depan Arsenal, Alexis Sanchez, yang tertinggal satu gol dari Costa di tabel top scorer sementara. Akurasinya cuma 59 persen dari 46 tendangan.

Hanya, Costa sendiri bersikap merendah terkait performanya sejauh ini.

"Saya memang tengah dalam penampilan bagus, tetapi bukan yang tebaik," tutur pemain berkebangsaan Spanyol itu.

Juara Chelsea 1-0 West Brom: Lagi-lagi Costa

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X