Kompas.com - 11/12/2016, 18:19 WIB
|
EditorAnju Christian

TANGERANG, KOMPAS.com - Tim nasional (timnas) Indonesia menjajal formasi baru pada sesi latihan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci, Tangerang, Minggu (11/12/2016).

Sesi latihan ini merupakan persiapan menjelang partai kontra Thailand pada final pertama Piala AFF di Stadion Pakansari, Selasa (14/12/2016).

Dalam persiapan terakhir, timnas terlihat mengusung skema tiga pemain bek tengah yang terdiri dari Manahati Lestusen, Fachruddin Aryanto, dan Hansamu Yama. Ketiganya diapit oleh Benny Wahyudi dan Abduh Lestaluhu sebagai bek sayap.

Di lini tengah, Riedl menurunkan Rizky Pora, Stefano Lilipaly, Bayu Pradana, dan Andik Vermansah. Adapun Boaz Solossa didaulat sebagai penyerang tunggal.

"Ini pertandingan final. Jadi, kami harus menyiapkan diri dengan baik dan memaksimalkan sumber daya yang ada. Untuk formasi dan pemain inti, saya masih mencari paduan yang pas," tutur Riedl setelah sesi latihan.

Sebagai opsi lain, Riedl memang bisa menggunakan 4-2-3-1 dengan Manahati dan Bayu sebagai duet jangkar. Pola terakhir diusung sang pelatih saat Indonesia melawan Vietnam pada semifinal kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016).

Selain mengasah skema baru, timnas juga berlatih tembakan dari luar kotak penalti. Latihan ini dilakukan oleh seluruh pemain.

Timnas bakal menjalani sesi terakhir di Lapangan SPH, Senin (12/12/2016) pagi. Setelah itu, mereka bersiap pindah dari Hotel Aston Lake Sentul.

Kepindahan ini untuk memudahkan timnas melakukan uji coba lapangan di Stadion Pakansari, Bogor, keesokan harinya atau Selasa (13/12/2016).

Di sisi lain, Thailand sempat merencanakan sesi latihan di Lapangan SPH Sentul pada Minggu. Namun, jadwal dibatalkan karena para pemain merasa kelelahan.

Kompas TV Alfred Riedl Tidak Berencana Ubah Gaya Main Timnas
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber ANTARA

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.