Kompas.com - 10/12/2016, 15:22 WIB
|
EditorFerril Dennys


BANGKOK, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional (timnas) Thailand, Kiatisuk Senamuang, mengaku khawatir karena laga final leg pertama Piala AFF 2016 akan digelar di Indonesia. Final pertama antara Thailand dan Indonesia akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, pada Rabu (14/12/2016).

Indonesia terlebih dulu memastikan lolos ke final setelah sukses menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2 pada di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Rabu (7/12/2016). Boaz Solossa dan kawan-kawan pun otomatis ke partai puncak dengan unggul 4-3 secara agregat.


Sementara sang juara bertahan, Thailand, meraih tiket final dengan menyingkirkan Myanmar. Teerasil Dangda dan kawan-kawan unggul agregat 6-0.

"Hal yang paling sulit kami adalah bermain tandang terlebih dulu," kata Kiatisuk.

Kedua tim sebetulnya sudah mengenal kekuatan masing-masing. Mereka sama-sama berada di Grup A pada babak penyisihan. Saat itu, Thailand sukses meraih kemenangan dengan skor 4-2.

Meski begitu, Kiatisuk enggan meremehkan kekuatan Indonesia. Selain bermain di depan pendukungnya sendiri, Kiatisuk menilai Indonesia adalah tim yang bagus.

"Jika Indonesia tidak bagus, mereka tidak akan lolos ke final. Jadi, kami harus melakukan persiapan bagus. Kini kami memiliki semua informasi soal suad inti mereka, pemain pengganti, dan taktik," ujarnya.

"Pada babak penyisihan, mereka mencetak 2 gol. Itu berarti mereka tahu di mana harus menyerang kami. Mereka juga memiliki pertahanan bagus dan memiliki 2 bek sayap serta pemain saya yang bagus dalam membanu serangan," tutur pemain berusia 43 tahun tersebut

Thailand sendiri memiliki rekor sempurna yakni memenangi semua pertandingan di Piala AFF 2016. Mereka pun hanya tinggal selangkah lagi mengulang catatan manis saat menjuarai Piala AFF 2000. Saat itu, mereka tampil sebagai juara dengan catatan selalu menang.

"Saya tidak memikirkan soal meraih rekor apapun karena tujuan utama kami adalah meraih gelar," jelasnya.

Rencananya, skuad Thailand akan terbang ke Indonesia pada Minggu (11/12/2016) waktu setempat.  

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber The Nation
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.