Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Thailand Sudah Mengetahui Semua soal Indonesia

Kompas.com - 10/12/2016, 15:22 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber The Nation


BANGKOK, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional (timnas) Thailand, Kiatisuk Senamuang, mengaku khawatir karena laga final leg pertama Piala AFF 2016 akan digelar di Indonesia. Final pertama antara Thailand dan Indonesia akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, pada Rabu (14/12/2016).

Indonesia terlebih dulu memastikan lolos ke final setelah sukses menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2 pada di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Rabu (7/12/2016). Boaz Solossa dan kawan-kawan pun otomatis ke partai puncak dengan unggul 4-3 secara agregat.


Sementara sang juara bertahan, Thailand, meraih tiket final dengan menyingkirkan Myanmar. Teerasil Dangda dan kawan-kawan unggul agregat 6-0.

"Hal yang paling sulit kami adalah bermain tandang terlebih dulu," kata Kiatisuk.

Kedua tim sebetulnya sudah mengenal kekuatan masing-masing. Mereka sama-sama berada di Grup A pada babak penyisihan. Saat itu, Thailand sukses meraih kemenangan dengan skor 4-2.

Meski begitu, Kiatisuk enggan meremehkan kekuatan Indonesia. Selain bermain di depan pendukungnya sendiri, Kiatisuk menilai Indonesia adalah tim yang bagus.

"Jika Indonesia tidak bagus, mereka tidak akan lolos ke final. Jadi, kami harus melakukan persiapan bagus. Kini kami memiliki semua informasi soal suad inti mereka, pemain pengganti, dan taktik," ujarnya.

"Pada babak penyisihan, mereka mencetak 2 gol. Itu berarti mereka tahu di mana harus menyerang kami. Mereka juga memiliki pertahanan bagus dan memiliki 2 bek sayap serta pemain saya yang bagus dalam membanu serangan," tutur pemain berusia 43 tahun tersebut

Thailand sendiri memiliki rekor sempurna yakni memenangi semua pertandingan di Piala AFF 2016. Mereka pun hanya tinggal selangkah lagi mengulang catatan manis saat menjuarai Piala AFF 2000. Saat itu, mereka tampil sebagai juara dengan catatan selalu menang.

"Saya tidak memikirkan soal meraih rekor apapun karena tujuan utama kami adalah meraih gelar," jelasnya.

Rencananya, skuad Thailand akan terbang ke Indonesia pada Minggu (11/12/2016) waktu setempat.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Nation
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com