Kompas.com - 09/12/2016, 22:27 WIB
Cristiano Ronaldo bersukacita bersama pelatihnya, Zinedine Zidane, usai merengkuh gelar Liga Champions 2015-2016 di Stadion San Siro, Milan, pada Sabtu (28/5/2016). GERARD JULIEN/AFPCristiano Ronaldo bersukacita bersama pelatihnya, Zinedine Zidane, usai merengkuh gelar Liga Champions 2015-2016 di Stadion San Siro, Milan, pada Sabtu (28/5/2016).
|
EditorAloysius Gonsaga AE

MADRID, KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memberikan pembelaan untuk para pemainnya, termasuk Cristiano Ronaldo, terkait kasus dugaan penggelapan pajak.

Sejumlah media di Spanyol dan Football Leaks sempat mengungkapkan bahwa Ronaldo telah berusaha menghindari pembayaran pajak di Negeri Matador.

Ronaldo dianggap telah mengalirkan dana hasil kerja samanya dengan sponsor ke Irlandia demi mendapatkan biaya pajak yang lebih murah.

Megabintang berusia 31 tahun itu dikabarkan telah menggelapkan pajaknya hingga mencapai angka 150 juta euro (sekitar Rp 2,1 triliun).

Tuduhan tersebut sudah dibantah oleh perusahaan yang mengurus pajak Ronaldo, Gestifute, pada Kamis (8/12/2016).

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Ronaldo, pemain Real Madrid yang dituduh menggelapkan pajak adalah Pepe dan Fabio Coentrao.

Meskipun demikian, Zidane yakin para pemain Real Madrid adalah orang-orang baik dan berpendidikan.

"Para pemain saya sangat cerdas. Saya pikir mereka tahu, di mana harusnya mereka memakai dan menginvestasikan uangnya. Mereka adalah orang-orang yang baik," ujar Zidane, Jumat (9/12/2016).

"Persoalan ini jelas memengaruhi kami. Saya berharap segalanya bisa tuntas dengan cepat sehingga kami bisa fokus terhadap sepak bola dan memenangi pertandingan," ujar dia.

Real Madrid akan melakoni partai La Liga kontra Deportivo La Coruna, di Stadion Santiago Bernabeu, pada Sabtu (10/12/2016) waktu setempat.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.