Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Zidane soal Dugaan Penggelapan Pajak Ronaldo cs

Kompas.com - 09/12/2016, 22:27 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memberikan pembelaan untuk para pemainnya, termasuk Cristiano Ronaldo, terkait kasus dugaan penggelapan pajak.

Sejumlah media di Spanyol dan Football Leaks sempat mengungkapkan bahwa Ronaldo telah berusaha menghindari pembayaran pajak di Negeri Matador.

Ronaldo dianggap telah mengalirkan dana hasil kerja samanya dengan sponsor ke Irlandia demi mendapatkan biaya pajak yang lebih murah.

Megabintang berusia 31 tahun itu dikabarkan telah menggelapkan pajaknya hingga mencapai angka 150 juta euro (sekitar Rp 2,1 triliun).

Tuduhan tersebut sudah dibantah oleh perusahaan yang mengurus pajak Ronaldo, Gestifute, pada Kamis (8/12/2016).

 

Selain Ronaldo, pemain Real Madrid yang dituduh menggelapkan pajak adalah Pepe dan Fabio Coentrao.

Meskipun demikian, Zidane yakin para pemain Real Madrid adalah orang-orang baik dan berpendidikan.

"Para pemain saya sangat cerdas. Saya pikir mereka tahu, di mana harusnya mereka memakai dan menginvestasikan uangnya. Mereka adalah orang-orang yang baik," ujar Zidane, Jumat (9/12/2016).

"Persoalan ini jelas memengaruhi kami. Saya berharap segalanya bisa tuntas dengan cepat sehingga kami bisa fokus terhadap sepak bola dan memenangi pertandingan," ujar dia.

Real Madrid akan melakoni partai La Liga kontra Deportivo La Coruna, di Stadion Santiago Bernabeu, pada Sabtu (10/12/2016) waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com