Kompas.com - 09/12/2016, 07:34 WIB
Kiatisuk Senamuang (kedua dari kiri) menyanyikan lagu kebangsaan menjelang partai antara Thailand dan Indonesia pada Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, 19 November 2016.

KUKUH WAHYUDI/JUARA/BOLAKiatisuk Senamuang (kedua dari kiri) menyanyikan lagu kebangsaan menjelang partai antara Thailand dan Indonesia pada Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, 19 November 2016.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Tim nasional (timnas) Indonesia bukanlah lawan asing untuk pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang. Dia memiliki pengalaman melawan Tim Garuda baik sebagai pemain maupun pelatih.

Kiatisuk menjadi anggota skuad Thailand ketika menjuarai Piala AFF 2000 dan 2002. Dalam dua edisi tersebut, Thailand menaklukkan Indonesia di final.

Terselip sedikit memori negatif buat Kiatisuk pada final 2002. Saat itu, final harus ditentukan melalui adu penalti.

Sebagai eksekutor pertama, Kiatisuk melepaskan tembakan melenceng dari gawang. Dia sekaligus meneruskan catatan tidak pernah membobol jala Indonesia di Piala AFF.

Untung buat Thailand, empat penendang selanjutnya mampu menyarangkan bola ke gawang. Sebaliknya, dua eksekutor Indonesia, Sugiantoro dan Firmansyah, gagal menunaikan tugasnya.

Alhasil, Kiatisuk masih bisa tersenyum karena Thailand menang 4-2 di babak adu penalti.

Kurniawan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perihal Indonesia, Kiatisuk juga memiliki rivalitas dengan Kurniawan Dwi Yulianto. Keduanya dikenal sebagai striker subur di Asia Tenggara pada masanya.

Daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF bisa menjadi tolok ukur. Selama berkarier, Kurniawan mencetak 13 gol di ajang ini, sedangkan Kiatisuk 12 gol.

Saat ditemui wartawan-wartawan Indonesia di Hotel Marco Polo Ortigas, Manila, 18 November 2016, Kiatisuk sempat sedikit mengulas sosok Kurniawan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.