Kompas.com - 08/12/2016, 22:42 WIB
Pemain Indonesia pada semi final putaran pertama AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGPemain Indonesia pada semi final putaran pertama AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Indonesia kembali berhadapan dengan Thailand dalam ajang Piala AFF. Sejarah mencatat bahwa kedua negara sudah saling berhadapan sembilan kali di turnamen tersebut.

Pada Piala AFF kali ini, Indonesia sempat tergabung dengan Thailand di fase Grup A. Keduanya bertanding pada laga pembuka di Stadion Philippine, 19 November 2016.

Namun, pada pertandingan itu, Indonesia kalah 2-4. Tiga dari empat gol Thailand dicetak Teerasil Dangda, dan sisanya dibukukan Peerapat Notchaiya.

Adapun dua gol tim Garuda diciptakan oleh Boaz Solossa dan Lerby Eliandry.

Ternyata, laga tersebut bukanlah pertemuan terakhir bagi kedua tim di Piala AFF 2016. Mereka dipertemukan kembali pada laga final yang akan berlangsung pada 14 dan 17 Desember 2016.


Indonesia lolos ke final setelah mengandaskan Vietnam dengan keunggulan agregat ketat, 4-3. Sedangkan Thailand melangkah mulus ke partai pamungkas setelah menyingkirkan Myanmar dengan agregat 6-0.

Berbicara tentang rekor pertemuan Indonesia dan Thailand di Piala AFF (dulu Piala Tiger), kedua tim tercatat sudah saling berhadapan sebanyak sembilan kali!

Dari sembilan pertandingan, dua di antaranya merupakan laga final, yakni Piala AFF 2000 dan 2002.

Sayangnya, Indonesia kalah kedua-duanya. Pada final edisi 2000, Thailand menang 4-1 atas Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok, 18 November.


Empat gol Thailand dicetak Worrawoot Srimaka (tiga gol) dan Tanongsak Prajakkata. Sedangkan gol Indonesia diciptakan Uston Nawawi.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.