Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irfan Bachdim: Indonesia dan Kita adalah Satu

Kompas.com - 08/12/2016, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Irfan Haarys Bachdim kembali meneriakkan dukungannya buat timnas Indonesia. Teranyar, dia mengunggah ucapan selamat kepada Boaz Solossa dkk seusai memastikan tempat di final Piala AFF 2016.

Indonesia melaju ke partai puncak setelah menahan imbang Vietnam 2-2 dalam laga semifinal kedua di Stadion My Dinh, Rabu (7/12/2016).

Dua gol Indonesia dicetak oleh Stefano Lilipaly dan eksekusi penalti Manahati Lestusen - pada perpanjangan waktu, sedangkan dua gol tuan rumah dibukukan Vu Van Tanh dan Vu Minh Tuan.

Indonesia mencapai final berkat keunggulan agregat 4-3 atas Vietnam. Pada laga pertama, Tim Garuda menang dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016).

"SELAMAT! saya bangga melihat bagaimana teman-teman bermain dengan semangat dan dengan hati. Walaupun itu pertandingan sulit, kita tahu cata mengatasinya," begitu kalimat pembuka dari unggahan Irfan Bachdim via akun Instagram-nya, @ibachdim.

Menarik mencermati kata-kata Bachdim selanjutnya. Pemain berusia 28 tahun itu mengatakan, timnas Indonesia bisa menjadi lambang dan anutan pemersatu bangsa.

"Biarkan ini menjadi contoh untuk seluruh dunia bahwa dari mana pun asal dan agama kita, kita adalah INDONESIA DAN KITA ADALAH SATU!," begitu yang tertulis berikutnya.

 

SELAMAT ????????! Saya bangga melihat bagaimana teman-teman bermain dengan semangat dan hati mereka. Walaupun itu pertandingan yang cukup sulit, kita tahu cara mengatasi nya, dan merubah permainan dan mengakhiri nya dengan hasil yang bagus. Itu menunjukkan seberapa kuat dan hebat tim kita. Bukan hanya sekedar tim yang bermain tapi merupakan sebuah keluarga yang berjuang untuk negara kita sebagai satu kesatuan. Biarkan ini menjadi contoh untuk seluruh dunia bahwa dari mana pun asal dan agama kita, kita adalah INDONESIA DAN KITA ADALAH SATU! Saya boleh lahir di tempat lain, tetapi hati saya milik Indonesia dan saya akan terus berjuang mendukung dan membantu negara kita kapan pun saya bisa. WE BELIEVE WE CAN AND WE WILL WIN ???? #INDONESIA #TimnasIndonesia #LetsMakeHistory #Yakin #Juara #AFFSuzukiCup2016 #TogetherWeCanTogetherWeAreStrong ??????????

A photo posted by Irfan Haarys Bachdim (@ibachdim) on Dec 7, 2016 at 7:28am PST

Bachdim gagal menjadi bagian timnas Indonesia pada Piala AFF kali ini lantaran cedera pergelangan kaki yang membekapnya menjelang keberangkatan timnas ke Filipina.

Kini, sang pemain tengah menjalani pemulihan cedera di Belanda dan diprediksi akan kembali fit dalam waktu kurang dari dua pekan. (Segaf Abdullah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com