Timnas Brasil Akan Galang Dana untuk Chapecoense

Kompas.com - 06/12/2016, 20:08 WIB
Seorang suporter memberikan penghormatan untuk para korban kecelakaan Chapecoense di Brasil. RAUL ARBOLEDA/STR/AFPSeorang suporter memberikan penghormatan untuk para korban kecelakaan Chapecoense di Brasil.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Brasil (CBF), Walter Feldman, menyatakan pihaknya sedang mengupayakan laga persahabatan antara tim nasional Brasil dan Kolombia demi penggalangan dana untuk Chapecoense.

Chapecoense kehilangan sebagian besar pemain, tim pelatih, dan stafnya akibat tragedi kecelakaan pesawat jatuh di Kolombia.

Awalnya, mereka dijadwalkan untuk melakoni laga final pertama Copa Sudamericana 2016 kontra Atletico Nacional, di Stadion Atanasio Girardot, Medellin. Namun, dalam perjalanan, pesawat mereka mengalami kecelakaan. 

CBF pun berinisiatif untuk menggalang dana dengan menggelar partai persahabatan antara Brasil dan Kolombia. Rencananya, laga akan digelar di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, 22 Januari 2017.


Nantinya, hasil dana dari penyelengaraan laga tersebut akan diserahkan kepada keluarga para pemain dan staf tim yang meninggal dunia.

"Kami telah menghubungi pihak FIFA dan Conmebol. Mungkin kami bisa memainkan laga itu pada tanggal 22, satu pekan sebelum musim baru (kompetisi di Brasil)," ujar Feldman kepada SporTV, Senin (5/12/2016).

Sebelumnya, Chapecoense telah dinyatakan sebagai juara Copa Sudamericana 2016. Kepastian itu diumumkan oleh Conmebol.

Keputusan menjadikan Chapecoense sebagai juara Copa Sudamericana 2016 tak terlepas dari usulan Atletico Nacional.

Sebagai gantinya, Atletico Nacional pun mendapatkan penghargaan sebagai tim yang menerapkan fair play.

Klub-klub saingan Chapecoense di Liga Brasil pun sudah menjanjikan akan meminjamkan pemain mereka secara gratis kepada klub tersebut untuk musim kompetisi mendatang.

Selain itu, seluruh anggota Liga Brasil sepakat bahwa Chapecoense akan dibebaskan dari degradasi selama tiga musim.



Sumber SporTV
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X