Kompas.com - 06/12/2016, 10:19 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Marco Verratti mengaku banyak berkembang selama memperkuat Paris Saint-Germain (PSG). Di Perancis, dia membentuk dirinya sebagai gelandang petarung.

Tengok saja statistik pemain berusia 24 tahun itu pada Ligue 1 2016-2017. Menurut Whoscored, dia melepaskan 2,7 tackle per laga atau menorehkan catatan tertinggi dibandingkan seluruh pemain PSG.

Menurut Verratti, ciri agresif dirinya turut dipengaruhi oleh gaya bermain di Ligue 1.

"Di Italia, permainan sangat taktis. Namun, Anda akan mengedepankan fisik di Perancis. Dari gaya permainan fisik, saya juga belajar untuk tidak membiarkan lawan lewat," ucap Verratti.

Tidak cuma itu, Verratti juga membiasakan diri untuk selalu tampil total dalam setiap pertandingan. Sebab, menurut dia, tim-tim lawan mengerahkan 110 persen kemampuan melawan PSG.

Maklum, menilik materi skuad, PSG masih berada jauh di atas kontestan lainnya.

"Pertandingan menjadi mudah kalau kami menunjukkan 110 persen kemampuan juga. Di luar itu, segalanya menjadi rumit," kata Verratti.

"Berkat kecenderungan tersebut, saya menunjukkan perkembangan pesat dalam hal mental," ucap pemain timnas Italia itu.

Pengakuan Verratti seolah menjawab keraguan dari pelatih Italia, Giampiero Ventura. Pemilik nama terakhir sempat menyatakan bahwa Verratti tidak berkembang di Perancis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.