Kompas.com - 24/11/2016, 21:32 WIB
Steven Gerrard masuk ke lapangan bersama ketiga anak perempuannya, yaitu Lilly-Ella, Lexie, dan Lourdes, Sabtu (16/5/2015). OLI SCARFF / AFPSteven Gerrard masuk ke lapangan bersama ketiga anak perempuannya, yaitu Lilly-Ella, Lexie, dan Lourdes, Sabtu (16/5/2015).
|
EditorAloysius Gonsaga AE


LIVERPOOL, KOMPAS.com - Steven Gerrard memutuskan pensiun dari sepak bola pada Kamis (24/11/2016), setelah berkarier selama 18 tahun.

Gerrard menghabiskan kariernya bersama Liverpool. Selama 16 musim berada di Anfield, Gerrard bermain 710 kali dan mencetak 186 gol dari 1998 hingga 2015.

Setelah itu, pemain asal Inggris tersebut bergabung dengan LA Galaxy selama 18 bulan, sebelum memutuskan pensiun pada hari ini.

Lalu apa alasan Gerrard pensiun?

"Ada beberapa alasan. Jelas Anda menyadari bahwa ini saatnya dan tubuh Anda mulai memberikan peringatan, serta rasa sakit dan nyeri mulai sering," kata Gerrard.

"Cara bermain juga sudah berubah. Dalam beberapa tahun terakhir, saya merasa diriku melambat. Pada dasarnya, saya juga tidak bisa tampil seperti biasanya dan seiring waktu frustrasi," ujarnya.

Atas dasar itulah, Gerrard akhirnya memutuskan pensiun. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Seorang pemain tidak sepatutnya bermain terlalu lama di mana hal tersebut bakal menjadi memalukan. Saya merasa tidak bisa terlalu lama bermain. Oleh karena itu, ini waktu tepat," tambahnya.

Setelah memutuskan pensiun, Gerrard akan melanjutkan pekerjaannya sebagai komentator di BT Sport.

"Kini, saya benar-benar bersemangat untuk kembali bekerja sama dengan BT Sport dan meliput Liga Champions dan Premier League. Hal itu adalah sesuatu yang saya nantikan," tutur Gerrard.

"Namun pada masa depan, saya pastinya memiliki impian untuk menjadi manajer atau seorang asisten manajer, serta kembali terlibat di ruang ganti," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.