Manila "Sepi" Menjelang Piala AFF 2016

Kompas.com - 17/11/2016, 18:49 WIB
Penampakan dari belakang gawang di Stadion Rizal Memorial, Manila. ANJU CHRISTIAN/KOMPAS.comPenampakan dari belakang gawang di Stadion Rizal Memorial, Manila.
|
EditorFerril Dennys
Laporan langsung Anju Christian dari Manila, Filipina
 
MANILA, KOMPAS.com - Kota Manila, Filipina, tidak menunjukkan euforia menyambut pertandingan babak grup Piala AFF 2016 yang digelar dari Sabtu (19/11/2016) sampai Jumat (25/11/2016).
 
Hal itu terlihat dari pantauan Kompas.com dalam perjalanan dari Bandara Internasional Nino Aquino, Metro Manila, hingga Quezon City.
 
Dimulai perjalanan dari bandara, supir taksi yang mengangkut Kompas.com, mengaku tidak mengetahui bahwa negaranya bakal menggelar Piala AFF. Bahkan, setelah diberitahu, dia malah mengira bahwa Kompas.com adalah bagian rombongan atlet dari Indonesia.
 
"Maklum saja, sepak bola tidak lebih penting dari basket," ucap sang supir, yang juga mengaku tidak kenal dengan Phil Younghusband, kapten Filipina.
 
Sepinya atmosfer Piala AFF juga terlihat sepanjang perjalanan menuju Quezon City. Tak ada semacam spanduk turnamen antarnegara Asia Tenggara itu.
 
Padahal, di Quezon City, tim-tim kontestan bakal menetap. Panitia memilih Novotel Araneta Center sebagai penginapan untuk rombongan Thailand, Filipina, Indonesia, dan Singapura.
 
Hal serupa terlihat dalam perjalanan dari Quezon City menuju Metro Manila. Di daerah ini, ada Stadion Rizal Memorial yang bakal menggelar partai antara Indonesia dan Singapura, Jumat (25/11/2016).
 
Jangankan spanduk turnamen, sekeliling stadion justru tampak kurang tertata. Beberapa pintu masuk tidak terurus, bahkan salah satunya menjadi jemuran pakaian.
ANJU CHRISTIAN/KOMPAS.com Salah satu pintu masuk penonton Stadion Rizal Memorial, Manila, dijadikan jemuran pakaian.
 
Hanya di dalam stadion terlihat tampilan lebih elok. Seorang petugas tengah melakukan pengecatan di beberapa sektor tribune.
 
Rumput sintetis yang membaluti lapangan, juga diklaim sudah siap untuk menggelar laga terakhir grup.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X