Kompas.com - 16/11/2016, 10:06 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com — Beberapa bek mungkin bingung memikirkan cara untuk menghentikan penyerang gesit macam Cristiano Ronaldo. Namun, Phil Babb yang merupakan mantan defender Liverpool FC, tahu trik membendung superstar Real Madrid itu.

Mereka berdua pernah berbagi ruang ganti ketika di Sporting CP. Babb berstatus pemain senior ketika Ronaldo masuk tim utama.

Dalam sebuah sesi latihan, Babb mendapati momen saat dirinya termakan oleh trik dribel Ronaldo, yang memang dikenal memiliki kemampuan menggiring bola dengan sangat oke.

Babb akhirnya berhasil menghentikan Ronaldo. Hanya, cara yang ia lakukan sangat kasar.

Kesal "dipecundangi", Babb melakukan forearm choke kepada Ronaldo, yakni menghantamkan lengan ke tubuh lawan hingga terjungkal. Gerakan tersebut biasa digunakan dalam olahraga gulat.

"Kami latihan serangan versus bertahan. Anak itu (Ronaldo) berlari ke arah saya, melakukan stepover dua sampai tiga kali, dan melewati saya," kata Babb kepada Sky Sports.

"Pada kesempatan lainnya, dia kembali melakukan stepover di depan saya dan kemudian menembak. Jadi, saya melakukan forearm chop kepada dia. Saya merobohkannya," tutur pria berumur 45 tahun itu.

Sporting CP adalah klub kelima dalam karier Babb. Dari sana, mantan pemain Republik Irlandia itu kemudian hengkang ke Liverpool.

Babb menutup perjalanannya di sepak bola bersama Sunderland pada 2004 tanpa prestasi apa pun.

Nasib Ronaldo lebih mujur dari sang senior. Pada usia yang kini menginjak 31 tahun, CR7 sudah merasakan tiga gelar Premier League, satu La Liga, dan dua Liga Champions. (Ade Jayadireja)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.