James Younghusband Jelaskan Keuntungan Filipina Jadi Tuan Rumah Piala AFF

Kompas.com - 14/11/2016, 19:05 WIB
 Gelandang tim nasional Filipina, James Younghusband. Dok. Philstar Gelandang tim nasional Filipina, James Younghusband.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

MANILA, KOMPAS.com - Untuk kali pertama dalam sejarah sepak bola Filipina, mereka ditunjuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2016 yang akan digelar mulai 19 November. Filipina terpilih menjadi tuan rumah Piala AFF edisi ke-20 bersama Myanmar.

Sebagai tuan rumah Grup A, Filipina menyiapkan 2 stadion yakni Philippine Sports Stadium di Bulacan dan Rizal Memorial Stadium di Manila.

Namun, Filipina harus bekerja pada babak penyisihan mengingat tim berjulukan Azkals ini berada di grup maut bersama Thailand, Singapura, dan Indonesia. Singapura dan Thailand pernah menjadi juara dalam turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara ini.

Meski berstatus tuan rumah dan berada di dalam grup maut, James Younghusband menilai kedua hal tersebut bukan menjadi tekanan bagi pasukannya.

"Hal fantastis karena negara kami menjadi tuan rumah pada babak penyisihan. Jika stadion terisi dengan suporter luar biasa, hal tersebut seperti pemain tambahan di dalam lapangan dan bisa memberikan intimidasi untuk lawan kami," kata James, yang akan tampil untuk kali ke-5 di Piala AFF.

Younghusband juga menilai tim lebih termotivasi karena tampil di depan pendukungnya sendiri pada babak penyisihan grup.

"Kami tidak berpikir bahwa sebagai tuan rumah sebuah tekanan tetapi lebih pada motivasi agar kami bekerja dua kali lebih keras dan tampil lebih baik karena kami memiliki harapan," tutur pemain berusia 30 tahun tersebut.

Hal yang sama dikemukan Misagh Bahadoran. Gelandang berusia 29 tahun tersebut menyatakan timnya telah dipersiapkan dengan matang. Karena itu, dia yakin Filipinan bisa bersaing di dalam turnamen.

"Secara spiritual dan fisik, tim telah siap. Kami melakoni banyak laga persahabatan dan itu banyak membantu kami. Kami akan melakukan yang terbaik dan membuat suporter kami bahagia," ujarnya.

Filipina akan melakoni laga perdana melawan Singapura di Philippine Sports, Bocaue, pada 19 November. Tiga hari kemudian, mereka akan melawan Indonesia  di tempat yang sama.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber philstar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X