Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2016, 08:57 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

MANCHESTER, KOMPAS.com - Penjaga gawang Manchester City, Claudio Bravo, melontarkan pernyataan yang cukup berisiko. Ia menyebut mantan klubnya, FC Barcelona, jauh lebih besar daripada timnya saat ini.

Bravo mengikuti jejak Josep Guardiola ke Stadion Etihad pada musim panas 2016. Ia datang untuk menggantikan peran Joe Hart yang dipinjamkan ke Torino.

Meski demikian, kehidupan di Inggris tak sepenuhnya berjalan mulus bagi Bravo. Kiper 33 tahun itu tercatat beberapa kali melakukan blunder.

Selain itu, Bravo juga sempat mendapatkan kartu merah saat Manchester City kalah 0-4 dari Barcelona pada partai Liga Champions, 19 Oktober 2016.

Teranyar, Bravo melontarkan ucapan berisiko. Ia menyebut Barcelona sebagai klub yang lebih besar daripada Manchester City.

Tentu bukan hal yang mustahil jika pernyataan Bravo tersebut berpotensi memancing amarah dari sebagian suporter The Citizens.

"Kedua klub (Barcelona dan Manchester City) punya kekuatan anggaran serupa. Namun, Barcelona adalah klub yang jauh lebih besar," kata Bravo kepada TVN, Minggu (13/11/2016).

Bravo tak menyebut secara detail indikator apa yang membuat dia menilai Barcelona lebih besar. Namun, bisa jadi hal tersebut didasarkan pada fakta historis kedua tim. 

Terlepas dari komentar miring itu, Bravo mengaku mengalami sedikit kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di Inggris. Tidak hanya di lapangan, dia juga sempat mendapati masalah dengan kehidupan sehari-hari. 

"Berada di Inggris tentu melibatkan banyak perubahan, seperti memindahkan keluarga, persoalan bahasa, dan mengemudi kendaraan di sisi jalan yang berbeda," tutur Bravo menambahkan.

Bravo diboyong Manchester City dari El Barca dengan banderol mencapai 17 juta poundsterling (sekitar Rp 284,7 miliar).

Dari 11 pertandingan di seluruh kompetisi bersama Manchester biru, Bravo tercatat sudah kebobolan 11 gol dan menorehkan dua clean sheet.

Saat ini, Bravo sedang tergabung bersama tim nasional Cile untuk melakoni partai kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber TVN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+