Kompas.com - 12/11/2016, 10:21 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

LONDON, KOMPAS.com - Tim nasional (timnas) Inggris boleh saja menorehkan hasil impresif. Namun, masa depan Gareth Southgate yang kini cuma berstatus pelatih interim, masih "abu-abu".

Bersama Southgate, tim berjulukan The Three Lions membukukan dua kemenangan plus satu imbang dalam tiga partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Terakhir, Inggris mengalahkan 3-0 atas Skotlandia di Stadion Wembley, Jumat (11/11/2016). Inilah kemenangan terbesar Inggris atas sang rival sejak 1975.

Southgate tidak lantas bersikap sesumbar soal peluangnya terus menangani Inggris.

"Saya diminta untuk menjalani empat pertandingan dan membuat tim nasional tetap berada di puncak klasemen. Untuk saat ini, saya cuma ingin menikmati hasil," tutur Southgate setelah laga kontra Skotlandia.

Apabila kontrak Southgate tidak dipermanenkan, laga kontra Spanyol di Stadion Wembley, Selasa (15/11/2016), menjadi penutup kiprah pria berusia 46 tahun itu.

Meski begitu, Southgate mengaku sudah mendapatkan pengalaman berharga dari empat pertandingan bersama timnas senior. Oleh karenanya, dia tidak menuntut pengangkatan dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

"FA bisa mengambil keputusan yang diinginkan," ucap eks pemain belakang Middlesbrough itu.

Berdasarkan kabar terakhir yang berkembang di Inggris, FA lebih memilih pelatih berpengalaman untuk menjabat secara permanen. Kepala Eksekutif FA, Martin Glenn, juga sudah mengutarakan ketertarikan kepada Arsene Wenger.

Kompas TV Timnas Kalah 2-3 dari Vietnam
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.