Video Van Basten Ubah Gaya Permainan Ibrahimovic

Kompas.com - 11/11/2016, 07:18 WIB
Zlatan Ibrahimovic saat masih membela Juventus dalam laga Serie A kontra AS Roma, di Stadion Olimpico, 5 Maret 2005. PATRICK HERTZOG/AFPZlatan Ibrahimovic saat masih membela Juventus dalam laga Serie A kontra AS Roma, di Stadion Olimpico, 5 Maret 2005.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.comPelatih kawakan Italia, Fabio Capello, mengaku pernah menggunakan tayangan video permainan legenda Belanda, Marco van Basten, untuk mengubah permainan Zlatan Ibrahimovic.

Kala ditunjuk menjadi pelatih Juventus pada Mei 2004, Capello meminta manajemen klub untuk merekrut Ibrahimovic dari Ajax Amsterdam.

Maklum, Capello sudah menjadi pengagum Ibrahimovic saat masih menangani AS Roma.

Pelatih 70 tahun itu menyukai Ibrahimovic karena punya fisik yang kuat serta ditunjang dengan kualitas teknik mumpuni.

Keinginan Capello akhirnya dikabulkan. Menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2004, Juventus mengakuisisi Ibrahimovic dengan banderol 16 juta euro (sekitar Rp 235 miliar).

Capello pun menceritakan pengalamannya saat melatih Ibrahimovic, hingga mengubah sang pemain menjadi salah satu penyerang andal kelas dunia.

"Setelah satu bulan di Juventus, saya melihat Ibrahimovic tidak terlalu bagus dalam menendang bola dan berduel udara. Namun, dia selalu meningkatkan diri dengan menambah sesi latihan," ujar Capello kepada Mediaset Premium, Kamis (10/11/2016).

"Sebenarnya Ibrahimovic bukan tipe pencetak gol. Dia lebih suka menciptakan assist. Kemudian, saya menyarankan dia untuk tampil lebih ganas di depan gawang, hingga seolah menjadi seorang pembunuh bayaran yang nyata, tutur Capello.

Selain mengasah kemampuan Ibrahimovic melalui sesi latihan, Capello mengaku juga sempat menunjukkan tayangan video permainan striker legendaris Belanda, Van Basten.

Capello berharap Van Basten bisa menjadi sosok inspirasi bagi Ibrahimovic dalam mengembangkan perannya sebagai juru gedor.

"Ibrahimovic punya kualitas teknik serupa dengan Van Basten. Saya pun menunjukkan Ibrahimovic pergerakan yang pernah dilakukan Van Basten saat di kotak penalti," ucap Capello bercerita.

Saat di Juventus, Capello dan Ibrahimovic berkontribusi mempersembahkan dua gelar scudetto. Namun, prestasi itu dicabut karena adanya skandal Calciopoli pada 2006.

Capello kemudian memutuskan untuk pindah ke Real Madrid, sedangkan Ibrahimovic menerima pinangan Inter Milan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X