Kompas.com - 04/11/2016, 07:33 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Penjaga gawang Manchester City, Claudio Bravo, mengulas gaya permainannya yang berbeda dengan kiper kebanyakan.

Baik ketika di Barcelona maupun Manchester City, Bravo mengambil lakon sebagai sweeper-keeper. Dia dituntut terlibat membangun serangan dan meninggalkan sarang untuk memotong serangan balik lawan.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, Bravo pun mengklaim kakinya harus sering bersentuhan dengan bola.

"Saya menyentuh bola sekitar 40 kali per pertandingan. Sebab, kami menginginkan aliran bola dari belakang ke depan dengan cara yang bersih," tutur Bravo.

"Sepak bola modern membutuhkan penjaga gawang yang bisa mendistribusikan bola dengan kaki kepada pemain belakang," ucap dia.

Klaim Bravo terkonfirmasi lewat statistik laga antara Manchester City dan West Bromwich Albion pada lanjutan Premier League di The Hawthorns. Dia melepaskan total 44 operan dalam partai tersebut.

Kemampuan ini dianggap menjadi nilai plus Bravo daripada pendahulunya di Manchester City, Joe Hart. Selama berkarier di Etihad, pemilik nama terakhir lebih sering melancarkan umpan panjang.

Hanya, Bravo enggan membandingkan dirinya dengan Hart demi menghindari tekanan.

"Anda tidak boleh memikirkan siapa yang berdiri di bawah mistar sebelumnya. Anda harus mencari cara untuk bermain di level tertinggi," ucap pemain asal Cile itu.

Selain piawai mendistribusikan bola, Bravo juga menunjukkan rapor defensif cukup impresif. Dia mencatat lima clean sheet dalam 13 pertandingan semua ajang musim ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.