FA Akan Rayu FIFA soal Pemakaian Bunga Poppy

Kompas.com - 01/11/2016, 15:31 WIB
Pemain membentuk lingkaran dalam peringatan Remembrance Day dengan bunga poppy diletakan di tengah lapangan dalam pertandingan Premier League antara Sunderland dan Arsenal di Stadium of Light, Sabtu (29/10/2016). Lindsey PARNABY / AFPPemain membentuk lingkaran dalam peringatan Remembrance Day dengan bunga poppy diletakan di tengah lapangan dalam pertandingan Premier League antara Sunderland dan Arsenal di Stadium of Light, Sabtu (29/10/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

LONDON, KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sedang melakukan pembicaraan dengan FIFA terkait pemakaian emblem bunga poppy pada seragam Wayne Rooney dan kawan-kawan saat tampil pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Skotlandia di Wembley, Jumat (11/11/2016).

Bunga poppy merupakan simbol peringatan terhadap pahlawan Inggris yang gugur pada Perang Dunia I, yang berakhir pada 11 November 1918. Hari mengenang para pahlawan itu dikenal dengan nama Remembrance Sunday.

Remembrance Sunday diperingati setiap hari Minggu kedua bulan November. Tahun ini, Remembrance Sunday akan jatuh pada tanggal 13 November.

Sebagai bagian peringatan, tim nasional Inggris ingin memakai emblem bunga poppy pada pertandingan kontra Skotlandia. Akan tetapi, FIFA melarang pemakaian bunga poppy di kostum para pemain.

FIFA menekankan bahwa tidak ada politik, agama, dan pesan komersial yang tampak di seragam para pemain tim nasional yang bertanding.


Meski begitu, FA akan berdiskusi dengan FIFA soal larangan ini. FA juga ingin mengetahui hukuman apa yang diterima jika mereka tetap mengenakan bunga poppy tanpa izin FIFA.

FA pernah sukses melobi FIFA saat mendapatkan dispensasi mengenakan bunga poppy pada laga persahabatan melawan Spanyol pada November 2011.

Sebelumnya, FIFA kukuh melarang penggunaan bunga poppy. Larangan FIFA tersebut menuai protes dari publik Inggris, termasuk Perdana Menteri David Cameron dan Pangeran William.

Cameron dan William menghubungi FIFA untuk membicarakan masalah bunga poppy. Terus mendapatkan desakan, FIFA akhirnya memberikan izin pemakaian bunga poppy.

Dalam kesepakatan saat itu, pemain Inggris akan mengenakan ban hitam di lengan, dihiasi bunga poppy.

Bunga poppy sendiri dijadikan lambang peringatan Remembrance Sunday karena tanaman itu tumbuh di sejumlah medan pertempuran Perang Dunia I.

Bunga poppy merupakan simbol kehidupan, harapan, keceriaan, dan penghiburan bagi mereka yang berjuang.

Setiap tahun, relawan menjual bunga Poppy, baik asli maupun imitasi, untuk mengumpulkan dana bagi veteran perang, yang dikenal sebagai British Legion.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X