Dedi Kusnandar Hafal dengan Timnas Singapura

Kompas.com - 01/11/2016, 14:23 WIB
Gelandang Sabah FA, Dedi Kusnandar (kiri), saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Stadion Manahan Solo, pada 22-27 September 2016. GONANG SUSATYO/JUARAGelandang Sabah FA, Dedi Kusnandar (kiri), saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Stadion Manahan Solo, pada 22-27 September 2016.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KARAWACI, KOMPAS.com - Pengalaman Dedi Kusnandar membela Sabah di Malaysia Super League sangat berguna untuk tim nasional Indonesia menjelang Piala AFF 2016.

Melalui informasi dari Dedi, tim pelatih bisa mendapatkan gambaran tambahan tentang kekuatan lawan, terutama Singapura. Sebab, empat dari 28 anggota skuad Singapura saat ini merumput di Malaysia.

Salah satunya yakni pemain belakang senior Singapura, Baihakki Khaizan. Dia membela Johor Darul Takzim.

Belum lagi sektor tengah Malaysia yang bakal berbenturan dengan area main Dedi. Di situ, ada tiga pemain dari Malaysia, yaitu Hariss Harun, Shahril Ishak, dan Safuwan Baharudin.

"Saya sempat melawan Baihakki sebanyak dua kali," kata Dedi saat ditemui di Hotel Yasmin, Karawaci, Senin (31/10/2016).

"Kami bisa mengetahui kualitas Singapura seperti apa. Terlebih lagi, mereka merupakan pemain utama di tim nasionalnya," ucap gelandang berusia 25 tahun itu.

Hanya, wawasan tentang lawan tidak lantas menjadi jaminan buat Dedi untuk masuk susunan starter. Dia harus bersaing dengan Stefano Lilipaly, Evan Dimas, Rizky Pellu, dan Bayu Pradana.

Dalam dua partai uji coba sebelumnya, Dedi harus bergantian dengan Bayu untuk berpasangan dengan Evan. Adapun Lilipaly belum pernah menjalani training camp, apalagi uji coba.

"Saya melihat persaingan ini positif untuk tim dan menjadi motivasi untuk saya. Kalau pelatih memberikan kepercayaan, saya memberikan kesempatan maksimal," kata Dedi.

Berikutnya, Indonesia akan melakoni partai uji coba melawan Myanmar di Yangon, Jumat (4/11/2016), dan Vietnam di Hanoi, Selasa (8/11/2016).

Kompas TV Dari 40 Nama, Riedl Kantongi 23 Pemain untuk Timnas

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X