Kalimat Motivasi Ferguson Saat Manchester United Lawan Liverpool

Kompas.com - 14/10/2016, 07:03 WIB
Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson. Dok. BBCMantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Eks winger Manchester United, Luis Carlos Almeida da Cunha alias Nani, mengungkapkan kalimat sakti yang diucapkan manajer legendaris The Red Devils, Sir Alex Ferguson, saat jumpa Liverpool FC.

Nani pernah merasakan berada di bawah bimbingan tangan dingin Ferguson dalam kurun waktu 2007-2013 sehingga dia menyadari bahwa Liverpool adalah rival utama Manchester United.

Nani pun ikut berkontribusi lewat sebuah gol ketika United menaklukkan Liverpool 3-0 di Old Trafford pada 23 Maret 2008.

Lalu, apa yang dilakukan Ferguson agar setiap anak asuhnya termotivasi untuk membungkam The Reds?

"Ferguson mengatakan 'menghadapi' Liverpool bukan sekadar pertandingan biasa, tetapi tantangan. Setiap pemain harus memenangi pertarungan dengan lawannya masing-masing'," kata Nani kepada Omnisport, Kamis (13/10/2016).

"'Kami turun ke lapangan untuk menang. Memenangi setiap perebutan bola, tackle, adu lari, dan semuanya. Kami tidak harus selalu bermain cantik, tetapi bermain keras'," ucapnya lagi.

Pencetak assist terbanyak Premier League 2010-2011 ini juga menyanjung gaya kepelatihan Ferguson.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ferguson merupakan manajer terbaik di Premier League. Ini bukan cuma karena memenangi semua trofi, melainkan bagaimana cara dia mempersiapkan laga dan dalam melakukan pendekatan setiap hari, serta setiap pertandingan," ujar Nani.

"Ferguson bisa menjadi keras ketika harus menjadi keras, tetapi dia juga mempunyai sisi kemanusiaan. Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari kisah dia. Saya akan selalu mengingatnya," tutur pesepak bola berusia 29 tahun itu.

Selama membesut Manchester United dalam periode 1986-2013, Ferguson telah 59 kali menghadapi Liverpool. Dia sanggup mempersembahkan 28 kemenangan untuk kubu Theatre of Dreams dan hanya menelan 18 kekalahan. (Septian Tambunan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.