Kompas.com - 13/10/2016, 17:04 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Partai Premier League antara Liverpool dan Manchester United, Senin (17/10/2016), bakal menjadi pertemuan keenam Juergen Klopp dan Jose Mourinho.

Menoleh ke belakang, Klopp unggul berkat catatan tiga kemenangan. Sebaliknya, Mourinho cuma meraih satu kemenangan atas koleganya dari Jerman itu.

Lebih hebat lagi, Klopp meraup rentetan kemenangan tersebut dengan status non-unggulan. Dia mencatat dua kemenangan di antaranya bersama Borussia Dortmund, yang secara mengejutkan melaju ke final Liga Champions.

Pada fase tersebut, Klopp melancarkan perang urat syaraf dengan intensif. Dia bahkan menyebut Dortmund sebagai Robin Hood yang mencuri kesempatan dari tim kaya.

Satu kemenangan tersisa dialami Klopp musim lalu. Ketika itu, Mourinho masih menangani Chelsea yang berstatus juara bertahan Premier League.

Tidak seperti duel sebelumnya, tensi pada pertemuan terakhir cenderung menurun. Bahkan, Klopp sempat melemparkan simpati kepada Mourinho, yang terancam pemecatan ketika itu.

Berikut ini adalah lima duel Klopp vs Mourinho:

Borussia Dortmund 2-1 Real Madrid, fase grup Liga Champions, Oktober 2012

Juergen Klopp memenangi duel pertamanya melawan Jose Mourinho. Gol Borussia Dortmund dicetak oleh Robert Lewandowski dan Marcel Schmelzer. Adapun Real Madrid membalas lewat Cristiano Ronaldo.

Hasil ini membuat Dortmund menggusur Real Madrid dari puncak klasemen Grup D.

Apa kata Mourinho setelah laga?

"Kami tidak boleh merasa puas dengan kekalahan ini, tetapi tidak perlu mendramatisirnya. Kami masih berada di posisi kedua klasemen."

Real Madrid 2-2 Borussia Dortmund, fase grup Liga Champions, November 2012

Penantian Mourinho untuk meraih kemenangan pertama atas Klopp masih berlanjut. Bahkan, dia hampir saja menelan kekalahan andai Mesut Oezil tidak mencetak gol lewat tendangan bebas pada menit terakhir.

Apa kata Mourinho seusai pertandingan?

"Kami melakukan dua kesalahan besar pada paruh pertama. Mereka pun membunuh Anda."

Borussia Dortmund 4-1 Real Madrid, semifinal Liga Champions, April 2013

Kejutan terjadi di Signal Iduna Park. Real Madrid yang diunggulkan melaju ke partai final di Wembley, justru mengantongi modal minor akibat empat gol Robert Lewandowski.

Apa kata Mourinho setelah laga?

"Tim kami bermain naif. Lewandowski mencetak empat gol, tetapi tidak sekali pun menerima pelanggaran."

Apa kata Klopp seusai pertandingan?

"Kami seperti Robin Hood, yang mencuri orang kaya"

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.