2017, Santiago Bernabeu Dipugar dengan Biaya Rp 5,8 Triliun

Kompas.com - 12/10/2016, 06:06 WIB
Desain fasad stadion ini memperlihatkan bentuk melengkung yang cantik lewat penggunaan baja asimetris. Cantik bukan saja bentuknya, namun juga lantaran memantulkan cahaya dengan pola-pola yang selalu berubah. www.designboom.comDesain fasad stadion ini memperlihatkan bentuk melengkung yang cantik lewat penggunaan baja asimetris. Cantik bukan saja bentuknya, namun juga lantaran memantulkan cahaya dengan pola-pola yang selalu berubah.
EditorAloysius Gonsaga AE

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid mengonfimasi akan memugar Stadion Santiago Bernabeu pada 2017. Rencananya proses renovasi tersebut akan memakan biaya sebesar 400 juta euro atau hampir mencapai Rp 5,8 triliun.

Rencana renovasi Santiago Bernabeu sudah mendapat persetujuan dari dewan perwakilan daerah Kota Madrid. Namun, keinginan Presiden Florentino Perez membangun hotel dan pusat perbelanjaan baru di kawasan Bernabeu tidak mendapat persetujuan.

Dalam renovasi ini tidak ada perubahan kapasitas tempat duduk. Saat ini, markas klub berjulukan Los Blancos memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 99.454 kursi.

Tempat parkir mobil ikonik di Bernabeu akan dihilangkan untuk memperbesar ruang publik. Selain itu, kantor Real Madrid juga akan dipindah.

"Biaya yang dibutuhkan mencapai 400 juta euro. Kami akan memulai pembangunan kembali Bernabeu secepat mungkin setelah semua proses perizinan selesai pada 2017," kata Perez seperti dikutip AS.

"Kantor Madrid akan dipindah dari Bernabeu ke Valdebebas. Kami juga akan menghilangkan pusat perbelanjaan agar lebih banyak ruang tersedia," ucap dia.

Perez juga memastikan Real Madrid tidak akan mengubah nama stadion kebanggaan mereka. Namun, ia tidak memungkiri akan ada penambahan nama.

"Stadion akan tetap bernama Bernabeu, tetapi ada kemungkinan memiliki nama pasti. Seperti halnya, dimiliki banyak stadion lain guna membantu membayar biaya struktur," ucap presiden berusia 69 tahun ini.

Berdasarkan rancangan awal renovasi Bernabeu, perubahan signifikan terlihat di bagian fasad atau sisi luar stadion yang lebih modern.

Desain fasad stadion ini akan memperlihatkan bentuk asimetris dan glossy sehingga akan menyuguhkan pola berbeda-beda saat terkena sinar matahari dan cahaya lampu pada malam hari.

Selain itu, Bernabeu baru juga akan memiliki atap stadion yang dapat dibuka dan ditutup. (Wisnu Nova Wistowo)



Sumber JUARA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X