Kualifikasi Piala Dunia Diwarnai Gol Bunuh Diri ke Gawang Saudara Kembar

Kompas.com - 12/10/2016, 05:33 WIB
Para pemain San Marino merayakan gol Mattia Stefanelli ke gawang Norwegia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Oslo, Selasa (11/1/2016). VIDAR RUUD/AFPPara pemain San Marino merayakan gol Mattia Stefanelli ke gawang Norwegia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Oslo, Selasa (11/1/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

OSLO, KOMPAS.com - Kejadian unik terjadi pada pertandingan antara Norwegia dan San Marino dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018. Laga ini diawali oleh gol bunuh diri bek San Marino ke gawang sang saudara kembar yang menjadi kiper.

San Marino melawat ke Stadion Ulevaal untuk menantang Norwegia pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup C, Selasa (11/10/2016) atau Rabu dini hari WIB. Tuan rumah menang 4-1 pada laga ini.

Gol pertama tuan rumah dicetak oleh Davide Simoncini. Bek kelahiran 30 Agustus 1986 itu membelokkan arah bola ke gawang San Marino yang dijaga Aldo Simoncini.

Si kembar Simoncini merupakan pemain andalan San Marino. Aldo sudah 56 membela La Serenissima, sedangkan Davido "baru" 44 kali. Keduanya juga merupakan andalan di klub lokal San Marino, Libertas.

San Marino merupakan tim paling buncit di Grup C karena selalu kalah dari tiga pertandingan. Akan tetapi, sejarah khusus dibuat negara kecil itu pada pertandingan kontra Norwegia.

Untuk kali pertama dalam 15 tahun terakhir, San Marino bisa mencetak gol tandang pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Terakhir mereka melakukannya pada saat bermain imbang 1-1 kontra Latvia, 25 April 2001, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2002.

Wajar apabila para pemain San Marino begitu gembira ketika Mattia Stefanelli mencetak gol ke gawang Norwegia. Gol pada menit ke-54 itu sempat membuat kedudukan imbang 1-1, tetapi Norwegia lantas mencetak tiga gol tambahan ke gawang Aldo Simoncini.

San Marino berada di dasar klasemen dengan nirpoin. Posisi puncak klasemen grup ini dipegang oleh Jerman dengan hasil sempurna dari tiga pertandingan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X