Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2016, 19:35 WIB
|
EditorNugyasa Laksamana

MANCHESTER, KOMPAS.com - Saat ini, Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pesepak bola terbaik dunia. Namun, Ronaldo perlu melewati jalan terjal dan panjang sebelum mencapai kesuksesan, terutama saat di Manchester United.

Kerja keras yang dilakukan oleh Ronaldo disaksikan langsung oleh mantan rekan setimnya di Manchester United, Gary Neville.

Saat direkrut Manchester United dari Sporting CP pada 2003, Ronaldo, kata Neville, tak langsung menjadi pemain istimewa.

Perlu perjuangan yang sangat keras dan ketekunan bagi Ronaldo untuk dapat menjadi kepercayaan tim.

Maka dari itulah, Neville tak merasa heran jika kini Ronaldo menjadi pemain hebat dengan berbagai torehan prestasi.

"Ronaldo pernah mengalami pembantaian dan babak belur selama dua hingga tiga tahun di Manchester United. Hal itu mengubahnya menjadi seorang pria," kata Neville talkSPORT, Sabtu (8/10/2016).

Neville melihat Ronaldo sebagai pesepak bola langka. Kebiasaan Ronaldo dalam menerapkan pola hidup yang sangat disiplin menjadi aspek penting yang menunjang karier gemilangnya saat ini.

"Dia tak tiba di Manchestrer United sebagai sosok yang langsung berpengaruh bagi orang lain. Dia menetapkan standar dengan datang setengah jam sebelum pelatihan, dan menambah porsi latihan satu jam setelahnya," tutur Neville.

Selama enam tahun di Manchester United, Ronaldo mencicipi berbagai prestasi bergengsi, baik pribadi maupun tim.

Ia pernah meraih satu trofi Liga Champions, tiga kali juara Premier League, dua Piala Liga Inggris, satu Piala FA, dua gelar Community Shield, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Adapun penghargaan yang direngkuhnya saat di Manchester United adalah Ballon d'Or dan Pemain Terbaik Eropa versi UEFA. Keduanya didapatkan pada 2008.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Ronaldo mencatatkan 118 gol dan 62 assist dari 291 pertandingan berbagai kompetisi.

Memasuki 2009, Ronaldo akhirnya meninggalkan Manchester United dan bergabung ke Real Madrid dengan banderol mencapai 79,9 juta poundsterling (sekitar Rp 1,28 triliun).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber TalkSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+