Terpilih Bela Timnas Indonesia U-14, 3 Pemain Pergi Pakai Uang Sendiri

Kompas.com - 25/09/2016, 20:29 WIB
Tiga pemain asal Samarinda yang terpilih bela timnas U-14 harus pergi swadaya dengan biaya sendiri. Kontributor Samarinda, Gusti Nara Tiga pemain asal Samarinda yang terpilih bela timnas U-14 harus pergi swadaya dengan biaya sendiri.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

SAMARINDA, KOMPAS.com - Tiga orang anak dari Samarinda, Kalimantan Timur, terpilih menjadi bagian dari skuad tim nasional  U-14. Mereka terpilih melalui proses seleksi di Jakarta dan akan mengikuti turnamen di Malaysia dan Singapura. Ketiganya adalah Muhamad Keanu Haikal, Akhmad Zaini, dan Alvito Bintang.

Meski membela timnas, biaya transportasi dan akomodasi selama pertandingan berlangsung tidak ditanggung negara, dalam hal ini PSSI. Tak heran, apabila setiap pemain harus merogoh kocek sendiri untuk menutupi seluruh biaya.

Dikatakan salah satu staf Garuda Jaya, Handi Asmaradinata, dalam satu turnamen masing-masing anak tersebut harus merogoh kocek untuk biaya hidup sebesar Rp 10 juta. Jika dikalkulasikan di dua negara, mereka bertiga akan menghabiskan biaya hidup puluhan juta rupiah.

“Meski membela timnas U-14, belum ada partisipasi dari pemerintah maupun pihak ketiga. Sebenarnya, kami masih menunggu jawaban, termasuk dari pihak ketiga. Jika dikalkulasikan, total pengeluaran mereka sekitar 10 juta untuk satu turnamen. Nanti pada Singa Cup lain lagi, dan mereka harus menabung lagi,” tuturnya.

Meski harus mengeluarkan biaya sendiri, tekad tiga anak tersebut untuk membela timnas tidaklah surut. Para pemain belia ini memang memimpikan bisa membela Indonesia di event internasional.

Akhmad Zaini mengatakan dirinya sangat senang dan bahagia bisa memperkuat timnas Indonesia.

“Ini adalah impian saya sejak kecil. (Apalagi) Waktu ikut seleksi secara nasional di Jakarta banyak saingannya dan saya tetap terpilih. Saya bangga sekali,” ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi para orangtua ketiga pemain tersebut, biaya untuk membela timnas dianggap hal yang wajar. Mereka sudah cukup bangga dengan terpilih dan bisa membela nama Indonesia di event internasional.

“Alhamdulillah, kami sebagai orangtua mendukung kemajuan anak anak. Jadi meski biaya ini sendiri, tetap merupakan rezeki bisa mendukung anak-anak. Tidak dibiayai pemerintah, tidak ada masalah. Saya dan suami juga tidak ada masalah karena ini adalah awal karire mereka di dunia sepak bola Indonesia,” ujar Nia Hurisdiana, salah satu orangtua pemain.

Timnas U-14 akan menghadapi dua turnamen dalam waktu dekat ini. Turnamen pertama dimulai pada akhir September ini adalah Borneo Footbal Cup yang akan dilaksanakan di Kota Kinabalu, negara bagian Sabah, Malaysia. Kemudian pada awal Bulan November nanti, mereka akan berlaga di Singa Cup di Singapura.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.