Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marco van Basten Resmi Bekerja untuk FIFA

Kompas.com - 24/09/2016, 06:32 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber FIFA

ZURICH, KOMPAS.com - Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten (51), kini memiliki peran baru. Ia baru saja ditunjuk oleh FIFA untuk bekerja di bagian Pengembangan Teknis.

Sebelumnya, Van Basten merupakan asisten dari pelatih tim nasional Belanda, Danny Blind. Jabatan itu ditanggalkan Van Basten demi mengabdi kepada FIFA.

Dalam peran barunya tersebut, Van Basten bertugas mengawasi bidang teknis, seperti inovasi teknologi sepak bola dan wasit.

"Sebuah kehormatan besar bagi saya bisa diangkat untuk menjalani tugas ini," kata Van Basten seperti dikutip situs resmi FIFA, Jumat (23/9/2016).

"Saya sangat bangga memiliki kesempatan bekerja di FIFA, yang notabene adalah rumah sepak bola dunia. Semoga saya bisa memberikan kontribusi agar sepak bola tetap menjadi olahraga nomor satu di dunia," ucap dia.

Van Basten diangkat atas inisiatif sang presiden, Gianni Infantino. Sebagai eks pesepak bola, Van Basten dinilai pantas menangani persoalan teknis FIFA.

Saat masih aktif bermain, Van Basten tercatat hanya memperkuat dua klub profesional, yakni Ajax Amsterdam (1981-1987) dan AC Milan (1983-1992).

Berbagai prestasi pernah direngkuh oleh Van Basten, mulai dari gelar juara Eredivisie, scudetto, Piala Champions (Liga Champions), Piala Super Eropa, dan Piala Interkontinental.

Ia juga sempat menjadi pelatih utama Belanda selama empat tahun, tepatnya pada 2004-2008. Dalam kurun waktu tersebut, Van Basten membawa Belanda menang 35 kali, 11 imbang, dan enam kalah.

"Kita harus menghargai, melindungi, dan mengembangkan sepak bola. Marco (Van Basten) tak cuma seorang legenda, tetapi juga ahli yang luar biasa," ujar Infantino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FIFA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com