Andres Iniesta, 20 Tahun Tanpa Noda Merah

Kompas.com - 17/09/2016, 08:00 WIB
JOSEP LAGO/AFP Andres Iniesta membela Barcelona melawan Sampdoria pada ajang Joan Gamper di Stadion Camp Nou, 10 Agustus 2016.

KOMPAS.com - Pelatih Barcelona, Luis Enrique, memberikan kredit kepada Andres Iniesta atas masa bakti 20 tahun untuk klub.

Salah satu poin yang disorot Enrique adalah sikap Iniesta di lapangan. Di mata sang pelatih, Iniesta adalah pemain bersih.

"Lihat nilai-nilai yang dimiliki dia. Dia belum pernah menerima kartu merah. Tak satu pun orang mengingat dia melakukan hal buruk, baik saat tim menang maupun kalah," kata Enrique.

Penuturan Enrique turut dikonfirmasi melalui rapor kedisiplinan Iniesta. Dalam 590 pertandingan yang dilakoni bersama Barcelona, pemilik nomor kostum 8 itu tidak pernah diganjar kartu merah.

Oleh karenanya, Enrique melihat Iniesta sebagai sosok tepat untuk menjadi kapten. Dia terpilih sebagai pemimpin utama sejak Xavi Hernandez memutuskan hengkang pada musim panas 2015.

"Sebuah kepuasan bisa memiliki Iniesta sebagai kapten karena semua hal yang dia tunjukkan. Tidak ada banyak sosok seperti Iniesta," tutur Enrique.

"Kini, Iniesta bukan cuma kapten dan simbol untuk Spanyol serta Eropa, tetapi juga seluruh dunia," ucap dia.

Masa bakti Iniesta di Barcelona sudah berlangsung sejak 1 September 1996. Ketika itu, dia pindah dari tim kota kelahirannya, Albacete, untuk bergabung dengan Akademi Barcelona.

Selama 20 tahun bersama klub berjuluk La Blaugrana, Iniesta merengkuh delapan gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAloysius Gonsaga AE
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X