Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aji Santoso Datang, Para Pemain Persela Senang

Kompas.com - 12/09/2016, 22:13 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com – Debut Aji Santoso sebagai pelatih kepala Persela Lamongan terwujud di Stadion Surajaya, Lamongan, Senin (12/9/2016) sore WIB. Bersama sang asisten Mustaqim, Aji akhirnya memimpin latihan skuad Persela.

Latihan perdana disambut gembira para pemain tim Laskar Joko Tingkir, yang sebelumnya ditinggal pamit Sutan Harhara dan sang asisten Marwal Iskandar. Nama besar Aji sebagai pemain dan juga pelatih, rupanya menjadi daya tarik para pemain.

"Siapa yang tidak kenal Aji Santoso? Di belantika persepakbolaan nasional, nama Aji sudah dikenal banyak orang sejak masih bermain memperkuat Arema Malang,” ujar penjaga gawang dan juga kapten Persela, Choirul Huda, Senin (12/9/2016).

Selain pernah memperkuat Arema, nama Aji juga pernah menghias tim-tim papan atas sepak bola Tanah Air saat masih aktif sebagai pemain. Di antaranya, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, dan juga Persema Malang, serta tentunya, menjadi penggawa Timnas Indonesia pada era 1990 sampai 2000-an.

Setelah mengakhiri masa jayanya sebagai pemain, Aji pun meneruskan kiprahnya di dunia sepak bola dengan menekuni karier sebagai pelatih. Aji tercatat pernah membawa Jawa Timur meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

Dia juga sempat menjadi arsitek Persik Kediri, Persebaya, Persisam Putra Samarinda, dan juga Persema, yang membuat namanya kemudian didapuk sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 pada 2011.

Tidak sekadar asisten, Aji pun sempat merasakan menjadi head coach skuad Garuda, tepatnya Timnas Indonesia U-23 pada pentas SEA Games Myanmar 2013-2014.

"Dengan sederet prestasi dan catatan rekor apik yang pernah ditorehkan coach Aji, saya optimistis, Persela akan bisa lebih baik dalam mengarungi sisa turnamen,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan pemain muda potensial Persela yang sempat mengikuti seleksi Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan. Dia berharap, talenta serta tangan dingin Aji mampu membawa tim Laskar Joko Tingkir keluar dari posisi juru kunci klasemen yang ditempati saat ini.

“Semoga saja, dengan datangnya coach Aji, akan lebih mampu membawa Persela bangkit dan meraih hasil yang memuaskan dalam setiap pertandingan yang akan dijalani,” ucap Dendy.

Dalam sesi latihan perdana, Aji juga membawa empat pemain baru yang tengah menjalani seleksi. Dua pemain asing serta dua wajah lokal. Mereka adalah, Alan Emanuel Aciar (mantan bek Persija Jakarta), Paulo (striker asal Brasil), Ahmad Mahrus Bahtiar (mantan penggawa Persegres dan PSIS Semarang), serta Jajang Maulana (eks pemain Sriwijaya FC dan PSM Makassar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com