Kompas.com - 06/09/2016, 19:50 WIB
Wasit Mark Clattenburg mengganjar Luke Shaw dengan kartu merah saat MU ditahan imbang 1-1 oleh West Ham United pada 8 Februari 2015. Dok. Manchester Evening NewsWasit Mark Clattenburg mengganjar Luke Shaw dengan kartu merah saat MU ditahan imbang 1-1 oleh West Ham United pada 8 Februari 2015.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

 

MANCHESTER, KOMPAS.com -  Wasit Mark Clattenburg dipercaya untuk memimpin pertandingan lanjutan Premier League antara Manchester United dan Manchester City di Old Trafford, Sabtu (10/9/2016).

Clattenburg memang menorehkan pencapaian luar biasa pada 2016. Wasit berusia 41 tahun tersebut sudah tiga kali memimpin laga final selama tahun 2016.

Dia bertugas di final Liga Champions antara Real Madrid dan Atletico Madrid di San Siro, Milan, pada 28 Mei 2016.

Sebelumnya, Clattenburg kembali dipercaya memimpin laga final Piala FA. Manchester United tampil sebagai kampiun setelah berhasil mengalahkan Crystal Palace 2-1.

Pada Piala Eropa lalu, dia memimpin laga final antara Portugal dan Prancis di Stade de France, Saint-Denis, pada 10 Juli 2016.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Clattenburg dipercaya memimpin edisi pertama Derbi Manchester pada akhir pekan ini.

Clattenburg pun tak asing dengan Derbi Manchester.  Wasit kelahiran Newcastle tersebut pernah memimpin Derbi Manchester dalam dua musim terakhir. Kedua laga derbi ini terjadi di Old Trafford pada 2015.

Pada bulan  April di pengujung musim 2014-2015, Clattenburg menjadi saksi keganasan Setan Merah mengalahkan City dengan skor 4-2.  Saat itu, Clattenburg  mengeluarkan tiga kartu kuning untuk pemain Man City.

Dia kemudian dipercaya bertugas di derbi Manchester pada 2015 yang berakhir imbang tanpa gol. Dia memberikan 2 kartu kuning untuk masing-masing tim.

Sebelum  2015, Clattenburg menjadi wasit dalam dua laga Derbi Manchester. Yang paling fenomenal, Clattenburg menyaksikan keberhasilan City mengalahkan Man United dengan skor 6-1 di Old Trafford.

Saat itu, Jonny Evans dikartu merah, dan Clattenburg memberikan 8 kartu kuning bagi kedua tim.

Adapun Derbi Manchester pertama Clattenburg adalah saat Manchester City menang 1-0 atas Man United pada 2007-2008. Gol semata wayang City ditorehkan Geovanni .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.