Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Real Madrid, Kolektor Pemain Catalonia

Kompas.com - 06/09/2016, 16:26 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber JUARA

KOMPAS.com - Ada yang tidak biasa dari nama-nama di skuad Real Madrid saat ini. Menurut media berbasis di Barcelona, Sport, tim berjulukan Los Blancos itu memiliki jumlah pemain asal Catalonia terbanyak dalam 64 tahun terakhir.

Anggota yang berasal dari wilayah tersebut adalah dua kiper, Kiko Casilla dan Ruben Yanez, serta penyerang muda, Mariano Diaz Mejia.

Casilla, 29 tahun, paling menonjol di antara mereka. Sebelum ditempa di Akademi Real Madrid pada 2000-2004, Ia masuk sistem pembinaan klub Gimnastic de Tarragona, tim asal Catalunya.

Casilla pun matang di Espanyol (2007-2015), yang notabene rival sekota FC Barcelona.

Yanez (22) dan Mariano (23) juga merupakan produk pembinaan klub asal Catalonia.

Yanez menimba ilmu di Girona (2009-2010) sebelum pindah ke tim junior Real Madrid.

Adapun Mariano punya bekal pendidikan di Akademi Espanyol, Premia de Mar, dan Badalona sebelum masuk La Fabrica atau akademi El Real pada 2011.

Kali terakhir Madrid punya tiga pemain asli Catalunya sekaligus dalam skuat mereka adalah pada 1951-1952. Trio tersebut terdiri atas Joaquin Oliva, Joaquin Navarro Perona, dan Antonio Gausi Subias.

Sayang bagi Oliva cs, keberadaan mereka tak cukup membantu Real Madrid menjuarai liga. Tahta kompetisi justru diduduki klub kebanggaan wilayah asal mereka, Barcelona. (Berry Bagja)

Kompas TV Nilai Skuat Real Madrid Termahal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber JUARA


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com