Kompas.com - 31/08/2016, 11:04 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati

LONDON, KOMPAS.com - Bek baru Arsenal, Shkodran Mustafi, punya pengalaman bermain di sejumlah liga besar Eropa. Bek berusia 24 tahun itu merasa ilmu yang didapat dari membela sejumlah klub amat berguna ketika kembali ke Premier League.

Sebelum mendarat di Emirates Stadium, Mustafi telah melanglang buana membela Everton (2009-2012), Sampdoria (2011-2014), dan Valencia (2014-2016). Namun, kurangnya pengalaman membela klub besar membuat sejumlah suporter belum mengetahui kemampuan Mustafi.

Dalam wawancara pertamanya sebagai pemain The Gunners, julukan Arsenal, Mustafi menjelaskan kemampuan dirinya.

"Saya telah bermain di beberapa negara. Saya baru berusia 24 tahun, tetapi telah bermain di Italia, Jerman, dan Inggris ketika memperkuat Everton," ujar dia.

Pengalaman tampil di berbagai negara itu hadirkan pengalaman dan ilmu berbeda. Mustafi menysyukurinya.

"Sekarang, saya dapat mengatakan bahwa saya adalah pemain yang cukup agresif. Saya mengejar bola ke segala sisi, seperti saya pelajari di Inggris," kata Mustafi.

"Di sisi lain, saya juga cukup taktis. Saya mencoba untuk membaca permainan, seperti yang dilakukan di Italia," ucapnya lagi.

Mustafi juga mengaku tidak terburu-buru mengoper bola ke temannya setelah menerima bola. Dia mencoba untuk mengendalikan dan menikmati kebersamaan dengan si kulit bulat.

Kedatangan Mustafi semakin melengkapi tiga pemain Jerman yang telah lebih dulu berseragam The Gunners, yaitu Per Mertesacker, Mesut Oezil, dan Serge Gnabry.

Bahkan, Mustafi, Mertesacker, dan Oezil merupakan bagian dari skuat Der Panzer kala menjadi kampiun Piala Dunia 2014. (Septian Tambunan) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.