Sempat Tersingkir, Marcelo Kembali ke Timnas Brasil

Kompas.com - 23/08/2016, 17:18 WIB
Marcelo saat berlatih bersama Real Madrid pada September 2015. JONATHAN NACKSTRAND/AFPMarcelo saat berlatih bersama Real Madrid pada September 2015.
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Berakhirlah masa "pengasingan" Marcelo dari tim nasional Brasil. Bek kiri Real Madrid tersebut kembali mendapat tempat dalam skuad Selecao, setelah namanya terdaftar dalam 23 pemain pilihan pelatih Tite untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Ekuador dan Kolombia pada September nanti.

Marcelo tak pernah membela timnas Brasil sejak Oktober 2015 lantaran disingkirkan oleh pelatih terdahulu, Carlos Dunga, yang memang tak terlalu suka dengan gaya bermain bek nan agresif. Tetapi setelah Tite mengambil alih jabatan tersebut, Marcelo kembali dilirik dan langsung mendapat tempat.

Tite pun memanggil sejumlah pemain muda, setelah beberapa pemain senior yang memperkuat klub Eropa dalam kondisi yang kurang bugar. Sang pelatih memberikan kesempatan kepada Gabriel Jesus, Taison, Rafael Carioca, Fagner dan penjaga gawang Weverton, yang belum pernah bemain di level senior.

Neymar, yang baru saja mewujudkan mimpi Brasil meraih emas pertama sepanjang sejarah negara itu tampil pada Olimpiade, juga terdaftar. Pelatih Barcelona, Luis Enrique, sudah memberikan kesempatan kepada Neymar untuk tetap berada di Brasil hingga pertandingan kualifikasi itu selesai.

Mantan kapten Brasil, Thiago Silva, yang juga tak pernah memperkuat timnas sejak Copa America 2015, sebenarnya berpeluang dipanggil oleh Tite. Sayang, pemain Paris Saint-Germain ini terpaksa harus menunda lagi keinginan kembali berkostum Selecao lantaran mengalami cedera paha.

Brasil, juara dunia lima kali, sedang dalam posisi yang cukup sulit pada fase kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan. Saat ini mereka menempati peringkat keenam setelah melakoni enam pertandingan.

Ini menjadi pekerjaan berat bagi Tite, karena pelatih berusia 55 tahun tersebut harus bisa mengangkat posisi tim demi meraih tiket menuju Rusia.

Brasil akan menghadapi Ekuador di Quito pada 1 September. Lima hari kemudian, mereka akan melawan Kolombia di Manaus.

Skuad Brasil untuk kualifikasi Piala Dunia

Penjaga gawang: Alisson Becker (Roma/ITA), Marcelo Grohe (Gremio), Weverton (Atletico Paranaense)

Bek: Gil (Shandong Luneng/CHN), Marquinhos (Paris Saint-Germain/FRA), Miranda (Inter Milan/ITA), Rodrigo Caio (Sao Paulo), Dani Alves (Juventus/ITA), Fagner (Corinthians), Filipe Luis (Atletico Madrid/ESP), Marcelo (Real Madrid/ESP)

Gelandang: Casemiro (Real Madrid/ESP), Giuliano (Zenit St Petersburg/RUS), Lucas Lima (Santos), Paulinho (Guangzhou Evergrande/CHN), Philippe Coutinho (Liverpool/ENG), Rafael Carioca (Atletico Mineiro), Renato Augusto (Beijing Guoan/CHN), Willian (Chelsea/ENG)

Penyerang: Gabriel Barbosa (Santos), Gabriel Jesus (Manchester City/ENG - on loan at Palmeiras), Neymar (Barcelona/ESP), Taison (Shakhtar Donetsk/UKR)



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X