Enrique Mengejar Cruyff dan Guardiola

Kompas.com - 18/08/2016, 13:03 WIB
Pelatih Barcelona, Luis Enrique, memasuki ruang jumpa pers untuk berbicara tentang ajang Joan Gamper, 16 Agustus 2016. JOSEP LAGO/AFPPelatih Barcelona, Luis Enrique, memasuki ruang jumpa pers untuk berbicara tentang ajang Joan Gamper, 16 Agustus 2016.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

BARCELONA, KOMPAS.com - Pelatih Barcelona, Luis Enrique, melanjutkan rantai kesuksesan dengan menjuarai Piala Super Spanyol, Rabu (17/8/2016).

Barcelona menang 3-0 atas Sevilla pada duel kedua di Stadion Camp Nou. Tim berjulukan La Blaugrana berhak mengangkat trofi dengan keunggulan agregat 5-0.

Piala Super Spanyol kali ini menjadi trofi ke-8 yang diraih Enrique bersama Barcelona. Dua ajang yang gagal dimenangi dia hanyalah Piala Super Spanyol 2015 dan Liga Champions 2015-2016.

Berbekal catatan itu, Enrique cuma kalah dari Josep Guardiola dan Johan Cruyff untuk ukuran jumlah trofi. Guardiola merengkuh 14 trofi, sedangkan Cruyff 11.

Tidak dimungkiri oleh Enrique, rentetan kesuksesan dirinya turut disebabkan materi pemain La Blaugrana yang di atas rata-rata.

"Saya merasa sangat beruntung bisa memenangi banyak trofi. Namun, saya berterima kasih kepada pemain. Mereka tidak berhenti mengejutkan saya pada setiap pertandingan dan sesi latihan. Mereka unik," tutur Enrique setelah partai kontra Sevilla.

Enrique masih memiliki peluang untuk melampaui dua pendahulunya, terutama Cruyff. Dia masih menyisakan masa bakti satu tahun di Camp Nou.

Ada tiga ajang yang bisa dimenangi Enrique pada 2016-2017. Apabila mampu menyapu bersih gelar seperti 2014-2015, dia berdiri setara dengan Cruyff.

Adapun untuk mengejar Guardiola, pelatih berusia 46 tahun membutuhkan pembaruan kontrak dari manajemen. Media-media Eropa melaporkan bahwa negosiasi baru dimulai pada Januari 2017.

Kompas TV Selain Leroy Sane, Siapa Lagi Pesepakbola Jerman Termahal?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X