Karena Neymar, Olimpian Brasil Urung Pensiun

Kompas.com - 11/08/2016, 09:30 WIB
Atlet judo Brasil, Rafaela Silva, berbicara tentang rasialisme setelah memenangi medali emas Olimpiade untuk kategori 57 kilogram putri, 10 Agustus 2016. VANDERLEI ALMEIDA/AFPAtlet judo Brasil, Rafaela Silva, berbicara tentang rasialisme setelah memenangi medali emas Olimpiade untuk kategori 57 kilogram putri, 10 Agustus 2016.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Atlet judo wanita asal Brasil, Rafaela Silva, hampir memutuskan pensiun setelah Olimpiade London 2012. Namun, dia urung melakukannya karena mendapat dukungan dari Neymar.

Silva hanya bertengger di posisi ke-9 pada Olimpiade empat tahun silam. Padahal, dia diunggulkan meraih medali.

Alhasil, lantaran gagal memenuhi ekspektasi publik, wanita kelahiran Rio de Janeiro itu menjadi bahan bullying di media sosial. Bahkan, tidak sedikit cercaan bernada rasialis terhadap Silva.

"Sebuah pengalaman sulit. Saya berpikir ingin berhenti judo karena tidak mau menerima caci maki lagi," tutur Silva.

"Namun, setelah kekalahan di Olimpiade, saya juga mendapatkan pesan dari Neymar dan sejumlah legenda lainnya. Mereka meminta saya agar tidak menyerah," ucap dia.

Dukungan dari sesama atlet mendorong Silva untuk terus berkarier di judo. Dia pun memetik hasil pada Olimpiade Rio 2016.

Silva mengalahkan atlet Mongolia, Sumiya Dorjsuren, pada babak final kategori 57 kilogram putri, Senin (7/8/2016). Dialah atlet pertama yang menyumbang medali emas untuk negara tuan rumah.

Apabila ditarik mundur lagi empat tahun lalu, Silva tentu tidak salah ambil keputusan. Dia bahkan merasa telah membungkam para pengkritik.

"Orang-orang mengatakan, 'Tempat untuk saya adalah kandang monyet.' Namun, tempat saya di olahraga, di judo," ujar Silva.

Lebih dari itu, Silva juga melihat judo telah mengubah hidupnya. Kini, dia dianggap sebagai pahlawan nasional. Padahal, dia menghabiskan masa kecilnya di Favela, sebuah daerah kumuh di Brasil.

Kompas TV Prestasi Atlet Indonesia di Kancah Internasional

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X