Kompas.com - 05/08/2016, 15:36 WIB
Penyerang FC Barcelona, Neymar. Dok. ESPN FCPenyerang FC Barcelona, Neymar.
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com — Bintang FC Barcelona asal Brasil, Neymar Jr, menjadikan Lionel Messi, Robinho, LeBron James, Usain Bolt, dan sang ayah sebagai referensi dalam menggapai keberhasilan.

Namun, dia memiliki sosok idola yang sesungguhnya.

Tokoh inspirasi Neymar tersebut adalah pelari maraton legendaris Brasil, Vanderlei Cordeiro de Lima, yang merupakan peraih medali perunggu dalam Olimpiade Athena 2004.

Vanderlei memang finis ketiga dalam perlombaan itu, tetapi dia menunjukkan kegigihan yang luar biasa.

Vanderlei nyaris menjadi pelari maraton pertama asal Negeri Samba yang berhasil memenangi medali emas Olimpiade ketika sempat memimpin jalannya lomba hingga kilometer ke-35.

Namun, saat unggul sekitar 25 detik dari para pesaingnya, Vanderlei didorong secara mendadak oleh seorang penonton asal Irlandia, Cornelius Horan, yang juga pernah mengacaukan perlombaan F1 di Sirkuit Silverstone pada 2003.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vanderlei kemudian dibantu oleh penonton Yunani, Polyvios Kossivas, untuk bebas dari dekapan Horan dan melanjutkan lomba.

Vanderlei akhirnya disusul oleh Stefano Baldini (Italia) dan Mebrahtom Keflezighi (Amerika Serikat) pada kilometer ke-38.

"Vanderlei merupakan contoh nyata bagi saya. Saat semua orang melihat kekalahan, dia bisa mengembuskan napas kemenangan. Saya salut dengan dia," ujar Neymar kepada Lance, Kamis (4/8/2016).

Pada 1 Juli 2005, pevoli pantai Brasil, Emanuel Rego, yang meraih medali emas pada Olimpiade Athena sempat ingin mempersembahkan medalinya untuk Vanderlei.

Akan tetapi, Vanderlei menolak dan mengatakan, "Saya tidak bisa menerima medali Emanuel. Saya senang dengan punya saya. Ini memang perunggu, tetapi memiliki arti emas buat saya." (Septian Tambunan)




Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.