Nasri Harus Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 29/07/2016, 08:32 WIB
Gelandang Manchester City asal Perancis, Samir Nasri. OLI SCARFF/AFPGelandang Manchester City asal Perancis, Samir Nasri.
EditorAloysius Gonsaga AE

SHENZHEN, KOMPAS.com - Manajer Manchester City, Josep Guardiola, mengakui bahwa gelandang Samir Nasri sedang berjuang untuk mengembalikan standar berat badan yang ideal sebagai pemain sepak bola.

Nasri menjadi satu-satunya anggota skuad utama Manchester City yang tidak ambil bagian dalam pertandingan pramusim bertajuk International Champions Cup 2016 menghadapi Borussia Dortmund di Shenzhen Universiade Sports Centre, Kamis (28/7/2016).

Pada pertandingan tersebut, Manchester City berhasil meraih kemenangan 6-5 melalui drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam 90 menit waktu normal.

Hal ini dikarenakan kondisi fisik Nasri yang dipandang Guardiola tidak layak untuk terlibat di dalam pertandingan. Bukan karena cedera, tetapi berat badan pemain berusia 29 tahun asal Perancis itu tidak ideal.

Kondisi fisik Nasri ini disebabkan oleh beberapa cedera yang dialaminya pada musim 2015-2016. Hal tersebut membuat mantan pemain Arsenal itu hanya tampil 12 kali di ajang Premier League.

Selain dianggap tidak layak untuk tampil, keputusan menyimpan Nasri ini juga diambil Guardiola demi menghindarkan sang pemain dari cedera.

"Samir kembali bergabung bersama skuad dalam keadaan sedikit kelebihan berat badan. Namun, kini kondisinya sudah jauh lebih baik," kata Guardiola usai pertandingan dikutip dari Sky Sports.

"Dia telah banyak bekerja keras selama beberapa pekan terakhir di China, tetapi masih kelebihan berat badan. Semua pemain yang tampil di lapangan memiliki kondisi fisik dan berat badan yang fit untuk tampil selama 90 menit," ucapnya.

Masalah berat badan memang menjadi salah satu kebijakan utama Guardiola pada awal menangani skuad Manchester City. Mantan pelatih FC Barcelona dan Bayern Muenchen itu telah meminta para pemainnya untuk tidak mengkonsumsi piza, jus, dan makanan-makanan tertentu.

"Mereka tidak kelebihan berat badan, tetapi saya ingin para pemain prima," kata Pelatih Terbaik Dunia 2011 itu kepada BBC, Rabu (27/7/2016).

"Berat badan sangat penting. Ketika Anda tidak fit, bahaya akan datang. Anda menjadi tidak cukup cepat dalam berpikir. Itu sebabnya Anda perlu berada dalam kondisi sehat," ucapnya lagi. (Verdi Hendrawan)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X