"Mengapa Orang Catalonia seperti Guardiola Tidak Boleh Latih Spanyol?"

Kompas.com - 17/07/2016, 11:35 WIB
Manajer Manchester City, Josep Guardiola, berfoto di depan Stadion Etihad, Jumat (8/7/2016). OLI SCARFF/AFPManajer Manchester City, Josep Guardiola, berfoto di depan Stadion Etihad, Jumat (8/7/2016).
|
EditorAnju Christian

KOMPAS.com - Vicente del Bosque menyuarakan dukungan kepada Josep Guardiola untuk menangani tim nasional Spanyol. Jabatan itu baru saja ditanggalkan oleh Del Bosque setelah Piala Eropa 2016.

Pendapat Del Bosque dilatarbelakangi deretan prestasi dalam karier Guardiola. Nama terakhir memenangi 21 gelar bersama Barcelona dan Bayern Muenchen.

"Guardiola adalah pelatih terbaik di dunia, tidak diragukan lagi," kata Del Bosque kepada surat kabar Jerman, Suddeutsche Zeitung.

Hanya, tidak mudah merealisasikan harapan Del Bosque. Guardiola lahir di Santpedor, salah satu daerah di Catalonia. Ada sentimen negatif dari orang Spanyol terhadap Catalonia yang selalu mengumandangkan isu separatis.

Del Bosque menyadari hal tersebut, tetapi malah melihatnya sebagai solusi terhadap isu perpecahan di Spanyol.

"Mengapa orang Catalonia tidak boleh melatih tim nasional? Ini akan menjadi sesuatu yang hebat untuk membawa kembali Catalonia berhubungan harmonis dengan Spanyol," ujar pria berusia 65 tahun itu.

Belum diketahui apakah Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memiliki pandangan serupa Del Bosque. Entah bagaimana pula sikap Guardiola apabila ditunjuk

Kini, Guardiola masih terikat kontrak dengan Manchester City hingga 30 Juni 2019. (Septian Tambunan)

Juara Danurwindo - Menjadi Pelatih

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X