Selebrasi "Thunderclap" Bukan Produk Asli Islandia

Kompas.com - 08/07/2016, 16:48 WIB
Para pemain Islandia merayakan keberhasilan mengalahkan Inggris pada babak 16 besar Piala Eropa 2016, Senin (27/6/2016). BERTRAND LANGLOIS/AFPPara pemain Islandia merayakan keberhasilan mengalahkan Inggris pada babak 16 besar Piala Eropa 2016, Senin (27/6/2016).
|
EditorFerril Dennys

KOMPAS.com - Cara tim nasional Islandia merayakan sebuah kemenangan dengan Thunderclap menjadi populer di Piala Eropa 2016.

Thunderclap dilakukan dengan cara menepuk tangan di atas kepala, kemudian berteriak hoh, dan temponya semakin lama meningkat dari lambat menjadi cepat.

Islandia menampilkan selebrasi ini saat pasukan Lars Lagerback mengalahkan Inggris pada babak 16 besar. Usai pertandingan, seluruh pemain Islandia bersama suporter melakukan Thunderclap dengan serempak.

Selebrasi ala Islandia ini menyebar bak virus. Wales melakukan selebrasi yang sama usai mengalahkan Belgia pada babak peempat final.

Prancis sebagai tuan rumah pun latah berselebrasi ala Islandia usai mereka memastikan diri lolos ke final.

Namun, jangan salah dulu. Thunderclap bukanlah produk asli Islandia.

Salah satu media Islandia, Morgunbladid, mengakui, selebrasi tersebut diadopsi oleh pendukung klub Islandia, Stjarnan, usai melakoni laga tandang melawan tim Skotlandia, Motherwell pada babak kualifikasi Liga Europa 2014.

Suporter Stjarnan dilaporkan terpesona dengan selebrasi Motherwell itu dan kemudian membawanya ke negaranya. Sejak itu, Islandia semakin identik dengan selebrasi tersebut saat melawan Belanda,m Turki, Republik Ceko, Portugal, dan Inggris. 

Berikut versi asli dari thuderclap:


Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X