Kompas.com - 06/07/2016, 19:15 WIB
Manajer Chris Coleman merayakan keberhasilan Wales mengalahkan Rusia dengan skor 3-0 pada pertandingan terakhir Grup B Piala Eropa 2016, Senin (20/6/2016). Dennis Grombkowski/Getty ImagesManajer Chris Coleman merayakan keberhasilan Wales mengalahkan Rusia dengan skor 3-0 pada pertandingan terakhir Grup B Piala Eropa 2016, Senin (20/6/2016).
|
EditorFerril Dennys

LYON, KOMPAS.com - Kesuksesan manajer Chris Coleman bersama Wales tidak terlepas dari peran Sir Alex Ferguson. Coleman menjelaskan bahwa kariernya kembali ke jalur yang tepat setelah melaksanakan nasihat Fergie untuk membesut salah satu tim di Divisi Dua Yunani.

Coleman kehilangan pekerjaan setelah dipecat Coventery City pada Mei 2010, lantaran klub tersebut terdegradasi dari Championship.

Namun, dia kemudian membesut salah satu klub Yunani, Larissa, pada Mei 2011, setelah berkonsultasi dengan Ferguson.

Pada Januari 2012, pelatih asal Wales tersebut ditunjuk untuk menangani tim nasional, menggantikan Gary Speed.

Coleman pun mampu menunjukkan kinerja yang bagus dengan membawa Wales lolos ke babak semifinal, sekaligus mencatatkan sejarah. Tim berjulukan The Dragons tersebut akan melawan Portugal dalam perebutan tiket final di Lyon, Rabu (7/6/2016) waktu setempat.

"Fergie yang menyarankan saya untuk melatih klub divisi dua Yunani. Dia meminta saya untuk mengambil tawaran yang datang karena saya tidak boleh menganggur lebih dari setahun. Karena itu, saya melakukannya," kata Coleman.

Coleman menjelaskan bahwa dirinya telah mengambil risiko dengan berkarier di Yunani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada banyak manajer bagus dipecat karena hanya ada begitu banyak pekerjaan. Seandainya Anda sudah 2 kali melakukan kesalahan, Anda akan sulit mendapatkan kesempatan ketiga. Hal tersebut berlaku di mana saja," tutur manajer berusia 46 tahun tersebut.

Sebelumnya, Fergi telah menyampaikan pujian terkait kiprah Wales di Piala Eropa. Pelatih asal Skotlandia tersebut menilai Wales bermain sangat percaya diri dalam setiap pertandingan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber ESPN FC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.