Jawaban Mueller soal Catatan Nihil Gol

Kompas.com - 06/07/2016, 09:22 WIB
Aksi penyerang tim nasional Jerman, Thomas Mueller, dalam pertandingan 16 besar melawan Slovakia di Stade Pierre-Mauroy, Lille, pada 26 Juni 2016. Alexander Hassenstein/Getty ImagesAksi penyerang tim nasional Jerman, Thomas Mueller, dalam pertandingan 16 besar melawan Slovakia di Stade Pierre-Mauroy, Lille, pada 26 Juni 2016.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

MARSEILLE, KOMPAS.com - Pemain depan tim nasional Jerman, Thomas Mueller, tidak melihat catatan tumpul di Piala Eropa sebagai masalah besar.

Total 10 pertandingan Piala Eropa, termasuk lima pada edisi 2016, dilalui Mueller bersama tim nasional Jerman. Namun, dia selalu gagal menggetarkan jala lawan.

Terakhir, pemain berusia 26 tahun itu gagal menjadi eksekutor dalam adu penalti melawan Italia pada babak perempat final di Stade Matmut Atlantique, Sabtu (2/7/2016).

Mueller sendiri memiliki apologi terkait rapor minornya khusus ajang Piala Eropa.

"Bagi saya, gol tidak seperti bahan bakar, melainkan cat mobil yang membuatnya terlihat indah dari luar. Saya sendiri terdorong untuk sukses," kata Mueller.

Penuturan Mueller mengacu pada laju Jerman yang belum terbendung. Tim asuhan Joachim Loew membukukan empat kemenangan dan satu hasil imbang di turnamen. Mereka juga cuma menderita satu kali kemasukan lewat penalti.

Akan tetapi, Mueller bukan berarti nihil hasrat untuk mencetak gol. Dia masih memendam harapan untuk menularkan catatan impresifnya di Piala Dunia.

Dalam 13 pertandingan Piala Dunia, pemain Bayern Muenchen itu mampu menyumbang enam gol untuk tim nasional Jerman. Bahkan, dia sempat merebut penghargaan top scorer pada edisi 2010.

"Di Afrika Selatan, saya mengakhiri turnamen sebagai pencetak gol terbanyak. Padahal, saya absen di semifinal ketika itu. Saya juga menikmati Piala Dunia di Brasil," tutur Mueller.

"Sebuah gol di Piala Eropa tentu akan membantu untuk menjawab pertanyaan mengapa saya gagal lagi," ucap dia.

Peluang Mueller terbuka saat Jerman bertemu Perancis pada partai semifinal di Stade Velodrome, Kamis (7/7/2016). Bagi dia, tim berjulukan Les Bleus bukanlah lawan asing.

Mueller sudah melakoni empat pertandingan melawan Perancis dan mencetak masing-masing satu gol plus assist.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X