Kompas.com - 06/07/2016, 07:27 WIB
Striker Perancis, Olivier Giroud, menanduk bola saat timnya melawan Islandia pada perempat final Piala Eropa di Stade de France, Minggu (3/7/2016). MARTIN BUREAU/AFPStriker Perancis, Olivier Giroud, menanduk bola saat timnya melawan Islandia pada perempat final Piala Eropa di Stade de France, Minggu (3/7/2016).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

MARSEILLE, KOMPAS - Jerman patut mengasah kemampuan duel udara menjelang laga kontra Perancis pada semifinal Piala Eropa di Stade Velodrome, Kamis (7/7/2016).

Sebab, tim tuan rumah sudah terbukti produktif melalui skenario tersebut. Lima dari sebelas gol yang diciptakan Perancis berasal dari sundulan.

Olivier Giroud dan Antoine Griezmann menjadi andalan Les Bleus, julukan Perancis. Mereka mencetak masing-masing dua gol lewat kepala.

Terakhir, bola tandukan Giroud berbuah gol kelima Perancis ke gawang Islandia pada partai perempat final di Stade de France, Minggu (3/7/2016). Ketika itu, Giroud memanfaatkan umpan Dimitri Payet dari tendangan bebas.

Dalam pertandingan terakhir, gol Giroud bukanlah satu-satunya yang berasal dari kepala. Ada pula gol kedua dari Paul Pogba, yang menanduk bola sodoran Griezmann dari sepak pojok.

Sinyal bahaya dari Giroud dan Griezmann turut disadari oleh kapten Jerman, Manuel Neuer. Dia menyebut Giroud punya kekuatan dalam duel udara dan mendeskripsikan Griezmann sebagai pemain dengan timing pas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hanya, saya tidak ingin fokus kepada pemain tertentu. Mereka juga memiliki pemain berkualitas lainnya," tutur Neuer.

Tidak salah apabila Neuer bertutur demikian. Gol tandukan dari Giroud dan Griezmann tidak lepas dari akurasi umpan lambung rekan-rekan setimnya. Di skuad Perancis, hampir semua pemain mampu melakukannya.

Tidak cuma Payet yang diplot sebagai eksekutor bola mati, pemain belakang seperti Bacary Sagna dan Adil Ramli juga pernah menciptakan assist lewat umpan silang.

Neuer juga mengklaim bahwa timnya sudah punya rencana khusus untuk menahan gempuran udara lawan. Menurut dia, setiap pemain bertahan harus berada di posisi masing-masing ketika bola udara menghujam area penalti.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.