Kompas.com - 03/07/2016, 15:33 WIB
Para pemain Cile merayakan keberhasilan menjuarai Copa America Centenario, Minggu (26/6/2016). OMAR TORRES/AFPPara pemain Cile merayakan keberhasilan menjuarai Copa America Centenario, Minggu (26/6/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Eropa dan Amerika Serikat bisa dikatakan sebagai dua kutub sepak bola dunia. Pertarungan antara dua juara benua itu akan selalu diharapkan pencinta sepak bola dunia.

Harapan pencinta sepak bola dunia itu bisa kembali terkabul tahun ini. Juara Piala Eropa 2016 akan bisa dipertemukan dengan juara Copa America Centenario.

Cile menjadi juara di Amerika Selatan usai mengalahkan Argentina pada laga final di MetLife Stadium, Amerika Serikat, Senin (27/6/2016) pagi WIB.

Sementara itu, Piala Eropa akan memasuki babak semifinal. Lima tim yang masih memiliki peluang juara adalah Wales, Portugal, Jerman, Prancis, dan Islandia.

Federasi Sepak Bola Amerika Latin (Conmebol) telah mengajukan proposal kepada Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) terkait kemungkinan mengadakan laga yang mempertemukan juara di dua benua.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Presiden Conmebol, Alejandro Dominguez, mengungkapkan bahwa pihaknya dan otoritas sepak bola di Benua Biru tinggal menentukan tanggal yang tepat untuk duel besar tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami menerima tanggapan positif dari UEFA tentang pertandingan antara juara Copa America dan Piala Eropa. Kami akan mencari tanggal yang tepat," tutur Dominguez, Rabu (29/6/2016).

Apabila laga benar-benar terjadi, maka ini akan menjadi lanjutan dari ajang bertajuk Artemio Franchi Trophy. Nama trofi ini didedikasikan untuk mentan Presiden UEFA. 

Artemio Franchi Trophy adalah turnamen resmi yang mempertemukan juara Copa America dan Piala Eropa. Kompetisi ini baru berlangsung dua kali, yakni pada 1985 dan 1993.

Prancis menjadi juara pada edisi pertama usai mengalahkan Uruguay 2-0. Selanjutnya, giliran Argentina yang menggondol trofi berkat kemenangan dalam adu penalti kontra Denmark.

Biasanya, juara antarbenua dipertemukan di Piala Konfederasi. Namun, turnamen tersebut hanya berlangsung setahun sebelum penyelenggaraan Piala Dunia. (Ade Jayadireja)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.