Neuer: Melawan Italia adalah Perang Urat Saraf!

Kompas.com - 03/07/2016, 09:21 WIB
GEORGES GOBET/AFP Penjaga gawang Jerman, Manuel Neuer, merayakan keberhasilan timnya melaju ke semifinal Piala Eropa 2016, di Stade Matmut-Atlantique, Sabtu (3/7/2016) waktu setempat.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

Sumber UEFA

BORDEAUX, KOMPAS.com - Kiper tim nasional Jerman, Manuel Neuer, menjadi pemain terbaik pada pertandingan perempat final kontra Italia, Sabtu (2/7/2016). 

Jerman menyingkirkan Italia lewat babak adu penalti dalam laga perempat final Piala Eropa 2016, setelah kedua negara bermain 1-1 sepanjang 120 menit, pada Sabtu (2/7/2016) atau Minggu dini hari WIB. 

Penjaga gawang milik Bayern Muenchen itu menahan dua tendangan penalti, yakni dari Leonardo Bonucci dan Matteo Darmian, saat babak adu tos-tosan.

Penyelamatannya dari Bonucci merupakan kali pertama Neuer menepis penalti bersama timnas Jerman.

Aksinya tersebut juga membayar tuntas kekecewaan yang ia dapat setelah kemasukan gol perdana di turnamen. Setelah 492 menit, atau lima laga tak kebobolan, dia harus memungut bola dari gawangnya lantaran gol Bonucci.

Jerman memimpin lebih dulu lewat tembakan Mesut Oezil (menit ke-65). Adapun Italia membalasnya berkat penalti Bonucci 12 menit kemudian.

Uniknya pula, eksekusi penalti itu adalah yang pertama bagi bek Italia dan Juventus itu sepanjang karier profesionalnya.

"Saya tak pernah mengalami adu penalti seperti itu. Saya tak ingin Bonucci mencetak gol dua kali lawan saya!" ujar Neuer seusai laga.

Berkat penampilan impresifnya, Neuer pun akhirnya terpilih sebagai pemain terbaik dalam pertandingan sengit tersebut.

"Kami tak berhasil mengalahkan Italia dalam 90 menit. Kami juga tak menaklukkannya dalam 120 menit. Laga ini tak mudah. Ini adalah perang urat saraf," kata kiper 30 tahun itu.

Selanjutnya, Jerman akan berhadapan dengan salah satu dari pemenang dari laga antara Perancis dan Islandia.

Laga semifinal antara Jerman dan Perancis/Islandia akan digelar di Stade Velodrome, Marseille, pada Kamis (7/7/2016) atau Jumat pukul 02.00 WIB.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X