4 Kekalahan Jerman dari Italia di Turnamen Resmi

Kompas.com - 02/07/2016, 16:02 WIB
Plakat di depan Azteca, Meksiko, yang bertuliskan bahwa stadion tersebut pernah menggelar pertandingan abad ini antara Italia dan Jerman Barat pada semifinal Piala Dunia 1970. Dok. WikipediaPlakat di depan Azteca, Meksiko, yang bertuliskan bahwa stadion tersebut pernah menggelar pertandingan abad ini antara Italia dan Jerman Barat pada semifinal Piala Dunia 1970.
EditorJalu Wisnu Wirajati

BORDEAUX, KOMPAS.com - Tim nasional Jerman punya rekor buruk ketika menghadapi Italia pada turnamen resmi. Der Panzer, julukan Jerman, bakal mencoba mengakhiri tren negatif itu saat menghadapi Gli Azzurri - julukan Italia - pada perempat final Piala Eropa 2016, Sabtu (2/7/2016) malam. 

Berdasar Weltfussball, Jerman dan Italia sudah 33 kali bertemu. Dari rekor pertemuan, Der Panzer lebih inferior karena hanya menang 8 kali berbanding 15 kekalahan yang diderita dari Italia.

Gli Azzurri terlihat sangat superior atas Jerman ketika bertanding di turnamen resmi. Dari 8 pertandingan di Piala Dunia dan Piala Eropa, Italia menang empat kali dan tak pernah menderita kekalahan.

Kekalahan pertama Jerman dari Gli Azzurri terjadi pada semifinal Piala Dunia 1970. Der Panzer yang saat itu masih berbendera Jerman Barat kalah 3-4 lewat perpanjangan waktu.

Luka terakhir yang digoreskan Italia ke Jerman terjadi empat tahun lalu pada semifinal Piala Eropa 2012. Aksi Mario Balotelli mengantarkan Italia menang 2-1 atas Der Panzer.

Rekor Der Panzer cukup baik pada laga persahabatan, menang 8 kali dan kalah 11 kali. Terbaru, mereka menang 4-1 pada laga uji coba jelang Piala Eropa 2016 pada Maret lalu.

Selang tiga bulan, kedua tim akan kembali bertemu di Piala Eropa 2016. Stadion Nouveau de Bordeaux akan menjadi saksi bisu akankah Italia bisa terus menjaga tren positif atas Jerman di turnamen resmi? Atau justru Jerman berhasil mengakhiri kutukan?

Berikut 4 kekalahan Jerman dari Italia pada putaran final turnamen antarnegara:

17 Juni 1970, semifinal Piala Dunia 1970 - Italia 4-3 Jerman Barat (Roberto Boninsegna 8', Tarcisio Burgnich 98', Luigi Riva 104', Gianni Rivera 111' ; Karl-Heinz Schnellinger 90', Gerd Mueller 94', 110')

Tajuk "Laga Abad Ini" diberikan publik pada pertandingan semifinal Piala Dunia 1970 antara Jerman Barat dan Italia ini. Hal itu merujuk drama yang terjadi saat kedua tim saling mencoba mengatasi ketertinggalan.

Sampai-sampai, pertandingan ini dibuatkan plakat khusus dan ditempatkan di depan Stadion Azteca yang menjadi tempat pertandingan.

Pada laga ini, Franz Beckenbauer terpaksa memaksakan diri tampil dengan mengalami dislokasi bahu lantaran Jerman sudah melakukan dua pergantian, batas maksimum substitusi kala itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X