Kompas.com - 02/07/2016, 08:31 WIB
Penyerang Wales, Hal Robson-Kanu (kanan), mendapat sambutan dari Gareth Bale, setelah mencetak gol ke gawang Belgia pada pertandingan perempat final Piala Eropa 2016 di Stadion Pierre-Mauroy, Villeneuve-d'Ascq, Lille, Jumat (1/7/2016). EMMANUEL DUNAND/AFPPenyerang Wales, Hal Robson-Kanu (kanan), mendapat sambutan dari Gareth Bale, setelah mencetak gol ke gawang Belgia pada pertandingan perempat final Piala Eropa 2016 di Stadion Pierre-Mauroy, Villeneuve-d'Ascq, Lille, Jumat (1/7/2016).
EditorAloysius Gonsaga AE

LILLE, KOMPAS.com - Penyerang timnas Wales, Hal Robson-Kanu, merasa sangat bahagia setelah negaranya meraih tiket semifinal Piala Eropa 2016. Mereka lolos setelah menang 3-1 atas Belgia pada pertandingan perempat final di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Jumat (1/7/2016).

Penyerang berusia 27 tahun yang pada 1 Juli ini berstatus bebas transfer setelah musim lalu merupakan pemain pinjaman klub Swindon Town, ikut menentukan kesuksesan Wales.

Dia mencetak gol pada menit ke-55 setelah melakukan aksi menawan. Dengan gerakan Cruyff Turn, Robson-Kanu mengecoh tiga pemain belakang Belgia sebelum menjebol gawang Thibaut Courtois untuk membawa Wales memimpin 2-1.

"Ini sangat fantastis. Kami melakukan pekerjaan dengan baik seperti pada paruh pertama. Kami sadar, jika bermain pada babak kedua seperti yang dilakukan pada paruh pertama, kami akan mendapatkan hasil bagus. Ini merupakan hasil kerja keras kami selama enam, tujuh tahun. Ini menjadi kredit bagi semua yang terlibat di dalamnya dan semoga terus berlanjut," ujar Robson-Kanu kepada UEFA.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami sudah melawan Belgia beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir dan kami tahu bagaimana melawan mereka. Kami kecewa saat tertinggal 0-1 tetapi kami bisa meresponsnya dengan baik. Kami mampu menyamakannya dan bangkit. Kami akan menikmati malam ini sebelum mempersiapkan diri menghadapi pertandingan berikutnya.

Memang, Wales sempat dikejutkan oleh gol indah Radja Nainggolan pada menit ke-13. Dari luar kotak penalti, pemain berdarah Batak tersebut melepaskan tendangan keras yang bersarang di pojok kanan atas gawang Wayne Hennessey.

Namun pada menit ke-31, Wales bisa menyamakan skor melalui sundulan sang kapten, Ashley Williams, menyambut umpan tendangan pojok. Ini menjadi titik balik permainan Wales, yang bisa mengambil kendali permainan.

Hasilnya, Wales bisa mencetak dua gol pada babak kedua. Robson-Kanu membawa Wales memimpin 2-1 pada menit ke-55, sebelum sundulan Sam Vokes pada menit ke-86 memastikan tim berjulukan The Dragons ini melangkah ke semifinal berkat kemenangan 3-1.

Dengan demikian, Wales kian dekat dengan final turnamen empat tahunan ini. Akan tetapi, Gareth Bale dan kawan-kawan harus lebih dulu melewati hadangan Portugal pada babak semifinal, yang berarti Bale akan menghadapi rekan setimnya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber UEFA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.