Southampton Tunjuk Tim Pelatih Terbaik - Kompas.com

Southampton Tunjuk Tim Pelatih Terbaik

Kompas.com - 01/07/2016, 14:56 WIB
Dok. Southampton FC Claude Puel resmi menjadi manajer baru Southampton pada Kamis (30/6/2016).

SOUTHAMPTON, KOMPAS.com - Southampton resmi menunjuk Claude Puel sebagai manajer baru, menggantikan Ronald Koeman yang bergabung dengan Everton, pada Kamis (30/6/2016).

Pelatih asal Perancis berusia 54 tahun itu disebut sebagai pilihan terbaik. The Saints, julukan Southampton, yakin bahwa sang manajer bisa membawa tim tampil lebih baik lagi.

Puel telah setuju menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan Southampton. Dia akan menangani The Saints bersama Eric Black dan Pascal Plancque sebagai asistennya.

Puel terpilih sebagai manajer Southampton dengan mengalahkan beberapa kandidat. Beberapa pelatih yang sempat dikaitkan dengan Southampton di antaranya Juergen Klinsmann David Moyes, Manuel Pellegrini, dan Frank De Boer.

Penunjukan Puel oleh Southampton dipandang sesuai dengan identitas dan budaya klub sebagai penghasil pemain muda berbakat. Selain itu, Puel pun mampu membawa tim yang biasa-biasa saja untuk bersaing di papan atas Ligue 1.

Sebelum memutuskan hengkang ke Southampton, Puel sukses mengantar OGC Nice finis di urutan keempat di Ligue 1 pada musim 2015-2016.

Puel juga pernah membawa AS Monaco menjuarai Ligue 1 1999-2000, satu musim setelah dia memutuskan pensiun sebagai pemain.

"Proses penunjukan manajer tim utama dilakukan dengan teliti. Dalam rangka memastikan menunjuk seorang manajer yang memenuhi kebutuhan sebagai klub, sangat penting bagi kami untuk menentukan kriteria pengangkatan," kata Direktur Teknik Les Reed di situs resmi klub.

"Karena proses eliminasi dari sejumlah kandidat terbaik, Claude muncul sebagai yang terbaik. Kami tidak hanya memilih orang terbaik, tetapi tim pelatih tepat untuk mendukung dia," tuturnya.

Target awal yang diharapkan Southampton kepada Puel adalah pembenahan dalam hal performa. Reed mengaku tidak puas dengan penampilan tim dalam tiga musim terakhir, kendati telah meraih tiket ke kompetisi antarklub Eropa. (Verdi Hendrawan)


EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberJUARA

Close Ads X