Hasil Piala Eropa, Portugal ke Semifinal untuk Kali Kelima

Kompas.com - 01/07/2016, 05:10 WIB
Bek Portugal, Jose Fonte, dan striker Polandia, Robert Lewandowski, berebut bola di udara pada perempat final Piala Eropa 2016, Kamis (30/6/2016). VALERY HACHE/AFPBek Portugal, Jose Fonte, dan striker Polandia, Robert Lewandowski, berebut bola di udara pada perempat final Piala Eropa 2016, Kamis (30/6/2016).
EditorAloysius Gonsaga AE

MARSEILLE, KOMPAS.com - Portugal melangkah ke semifinal Eropa 2016 usai menghentikan langkah Polandia. Dalam pertandingan di Stade Velodrome, Perancis, Kamis (30/6/2016), Portugal menang melalui drama adu penalti dengan skor 5-3, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Ini menjadi semifinal kelima Portugal dari tujuh kali tampil pada ajang Piala Eropa. Seleccao menunggu pemenang duel Wales versus Belgia, yang akan berlangsung pada Jumat (1/7) malam waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Sejak menit pertama, kedua tim memperlihatkan permainan yang cukup menarik. Betapa tidak, gol sudah langsung tercipta saat laga baru berusia 1 menit 40 detik.

Striker Polandia yang merupakan bintang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, membobol gawang Rui Patricio lewat tendangan keras memanfaatkan umpan silang Kamil Grosicki.

Gol cepat Lewandowki ini mencetak rekor sebagai gol tercepat kedua dalam sejarah Piala Eropa. Gol tercepat pertama pada event tempat tahunan ini masih menjadi milik Dmitri Kirichenko (Rusia) yang terjadi pada Piala Eropa 2004 saat laga baru berusia 1 menit 7 detik.

Gol tersebut membuat tempo pertandingan meningkat drastis. Portugal merespons dengan memperlihatkan upaya lebih keras agar bisa mencetak gol balasan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Upaya itu membuahkan hasil saat laga memasuki menit ke-33. Berawal dari operan backheel Nani, Renato Sanches melepaskan tembakan keras dan gagal diantisipasi kiper Lukasz Fabianski.

Torehan itu membuat Sanches berstatus pemain termuda yang bisa mencetak gol pada fase gugur dengan usia 18 tahun 316 hari.

Gol Sanches membuat pertandingan babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1.

Pada babak kedua terjadi jual beli serangan, seperti pada 45 menit pertama. Beberapa peluang bagus didapatkan kedua kesebelasan, namun tak ada satu pun yang bisa dimaksimalkan menjadi gol.

ANNE-CHRISTINE POUJOULAT/AFP Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri), melakukan selebrasi setelah Renato Sanches (tidak terlihat) membobol gawang Polandia yang dikawal Lukasz Fabianski (kanan) pada pertandingan perempat final Piala Eropa 2016 di Stade Velodrome, Marseille, Kamis (30/6/2016).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X