Inilah Pelajaran yang Dipetik Jerman Saat Disingkirkan Italia

Kompas.com - 30/06/2016, 08:31 WIB
Bek Jerman, Mats Hummels (kanan), berduel memperebutkan bola dengan penyerang Irlandia Utara, Conor Washington, dalam laga pamungkas Grup C Piala Eropa 2016 di Parc des Princes, Paris, Selasa (21/6/2016) waktu setempat. MARTIN BUREAU/AFP Bek Jerman, Mats Hummels (kanan), berduel memperebutkan bola dengan penyerang Irlandia Utara, Conor Washington, dalam laga pamungkas Grup C Piala Eropa 2016 di Parc des Princes, Paris, Selasa (21/6/2016) waktu setempat.
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com — Pemain belakang Jerman, Mats Hummels, mengatakan bahwa mereka telah memetik pelajaran dari kekalahan melawan Italia pada Piala Eropa 2012. Pemain 27 tahun ini memastikan hal tersebut tak terulang lagi saat pertemuan akhir pekan ini.

Italia dan Jerman akan beradu kekuatan di Matmut Atlantique pada Sabtu (2/7/2016) waktu setempat atau Minggu dini hari WIB. Mereka memperebutkan satu tiket semifinal Piala Eropa 2016.

Hummels mengungkapkan bahwa salah satu faktor penting melawan Italia adalah tidak boleh tertinggal. Apabila terjadi situasi seperti itu, hal tersebut akan menyulitkan bagi Jerman karena Italia memiliki keunggulan dalam permainan bertahan.

Jerman gagal melangkah ke final Piala Eropa 2012 usai mengalami kekalahan 1-2 melawan Italia. Pada partai tersebut, Italia unggul lebih dulu lewat dua gol torehan Mario Balotelli.

"Kami sudah belajar dari 2012 bahwa kami tidak boleh tertinggal atau situasi akan menjadi sangat sulit. Masalahnya karena mereka sangat fleksibel dengan tiga atau lima pemain di lini pertahanan," kata Hummels seperti dilansir Sky Sports.

"Saya sangat senang jika kami tidak tertinggal lebih dulu. Mereka adalah tim spesialis turnamen sama seperti kami dan akan sangat sulit mengalahkan mereka," ujar dia.

Hingga babak 16 besar Piala Eropa 2016, lini pertahanan Jerman tampil sangat menjanjikan. Ketangguhan kombinasi Manuel Neuer, Jerome Boateng, dan Hummels membuat Jerman belum sekalipun kebobolan.

"Kami bertahan jauh ke depan dan berusaha agar tetap berada jauh dari gawang dengan lebih dulu bermain menekan," ucap bek tangguh yang akan bermain untuk Bayern Muenchen pada musim depan ini. (Wisnu Nova Wistowo)

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X