Kompas.com - 29/06/2016, 16:37 WIB
Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, berlatih jelang melakoni babak perempat final melawan Polandia. FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NETPenyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, berlatih jelang melakoni babak perempat final melawan Polandia.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

MARSEILLE, KOMPAS.com- Portugal dan Polandia akan berebut tiket ke semifinal pada pertandingan babak 8 besar di Stade Velodrome, Marseille, Kamis (30/6/2016) atau Jumat dini hari WIB. 

Tim nasional Portugal berhasil lolos ke perempat final Piala Eropa 2016. Melangkah ke perempat final bukanlah prestasi bagi Portugal.

Seleccao menjadi tim yang paling banyak mengecap perempat final ketimbang tim lain setelah 6 kali meraih tiket perempat final Piala Eropa.

Pencapaian terbaik Portugal adalah lolos ke final Piala Eropa 2004. Saat itu, impian Portugal meraih gelar juara pupus setelah kalah 0-1 dari Yunani di partai puncak.

Setelah itu, Portugal selalu gagal lolos ke final dalam dua edisi Piala Eropa terakhir karena tersisih di perempat final dan semifinal.

Langkah Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan meraih tiket final cukup berat. Polandia yang akan menjadi lawan di perempat final, punya tren positif di turnamen kali ini.

Dibandingkan Portugal, Polandia terbilang "anak baru" di Piala Eropa. Tim berjulukan The White Eagles tersebut baru 2 kali lolos putaran final Eropa dan selalu tersingkir dari babak penyisihan grup.   

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, lolos ke perempat final adalah sebuah pencapaian baru bagi Robert Lewandowski dan kawan-kawan.

Tim besutan Adam Nawalka ini tak hanya ingin mentok di perempat final. Mereka berambisi lolos ke semifinal, sekaligus mengulang pencapaian mereka pada Piala Dunia 1982. Ketika itu, Polandia gagal lolos ke final lantara takluk 0-2 dari Italia.

Jelang pertemuan nanti, UEFA merangkum sejumlah fakta mengenai kedua tim.

Berikut fakta-fakta dari kedua tim:

1. Pertemuan sebelumnya

- Portugal memiliki catatan sedikit lebih baik dari 10 pertemuan terakhir melawan Polandia. Catatanya adalah Portugal meraih 4 kemenangan, 3 hasil imbang, dan sisanya berujung kekalahan.

- Dua laga terakhir dari pertemuan kedua tim berakhir dengan hasil imbang. Portugal bermain imbang 2-2 dengan Polandia di Lisbon pada kualifikasi Piala Eropa 2008 dan hanya bermain imbang tanpa gol pada laga persahabata di Warsawa, Februari 2012.

- Klub dari kedua negara sudah 22 kali bertemu di kompetisi UEFA. Tim asal Portugal membukukan 11 kemenangan atas 3 klub dari Polandia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber UEFA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X